Jakarta (ANTARA News) - Chevrolet Volt, mobil bensin-elektrik memenangi kategori World Green Car dalam ajang penghargaan World Car of the Year 2011 di New York, AS.

Sekitar 60 juri di seluruh dunia setuju menyebut mesin mobil itu lebih ramping, ramah lingkungan dan lebih diinginkan oleh pelanggan daripada mobil yang lebih murah yaitu l BMW 320d EfficientDynamics Edition dan mobil elektrik Nissan Leaf yang terbatas oleh jangkauan maksimum 109 mil.

Kategori World Car Design jatuh pada Aston Martin Rapide. Rapide dirancang oleh Marek Reichman, desainer kendaraan ternama Inggris dari studio yang kecil dan sederhana di Warwickshire.

Rancangan mobil family supercar yang elegan mengalahkan 50 desain mobil yang lebih besar, mahal, perlengkapan lebih baik, dan studio-studio yang lebih terkenal mulai dari Turin ke Tokyo hingga Los Angeles.

Ferrari harus belajar dari Rapide yang benar-benar dirancang lebih baik daripada mobil Ferrari Italia 458 yang sama cantiknya. Namun perusahaan Italia itu berhasil melengserkan Mercedes-Benz AMG SLS dan Porsche 911 Turbo untuk kategori World Performance Car.

Nissan patut kecewa karena kalah dari Chevrolet Volt/Ampera dalam kategori Car Green. Tapi, Nissan Leaf mengalahkan Audi A8 dan BMW 5-series sebagai World Car tahun ini.
(Adm/A038)


Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011