Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yakin akan mendapatkan insentif karbon dengan nilai yang baik untuk model New Xpander dan New Xpander Cross.

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan perubahan skema insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi pajak karbon guna mendorong produksi dan ekspor industri otomotif, khususnya pada kendaraan emisi rendah.

Dua mobil anyar yang diluncurkan MMKSI pada bulan lalu itu telah dilengkapi fitur baru pada mesin berupa Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Mesin New Xpander pakai sistem EGR tekan emisi tingkatkan efisiensi

General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, Guntur Harling, mengatakan bahwa EGR merupakan hal baru pada mesin New Xpander yang menggunakan basis mesin MIVEC DOHC 16 Valve 1.500 cc. Mesin itu juga telah memenuhi standar emisi Euro 4.

"Untuk menghasilkan emisi yang lebih baik, meskipun memakai basis mesin yang sama, tapi ada sistem yang disematkan, yakni EGR (Exhaust Gas Recirculation), yang membuat exhaust emisi ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar yang maksimal," kata Guntur Harling dalam diskusi daring beberapa waktu lalu.

Penggunaan EGR sejalan pula dengan keinginan pemerintah dalam menekan emisi gas buang kendaraan, karena fitur itu dapat mengembalikan sebagian gas sisa pembakaran ke intake manifold.

Terkait dengan emisi gas buang, Guntur menjelaskan bahwa MMKSI juga mendaftarkan New Xpander dan New Xpander Cross ke Kementerian Perhubungan untuk uji emisi.

"Seluruh tipe Xpander dan Cross sudah didaftarkan untuk pengujian CO2 dan kami sudah dalam antrian di Kementerian Perhubungan. Antriannya panjang, tapi kami berharap segera melakukan uji emisi," kata Guntur.

Selain penambahan EGR untuk emisi yang lebih baik, New Xpander dan New Xpander Cross telah memakai transmisi CVT baru yang menggantikan transmisi AT konvensional sehingga bahan bakar lebih efisien dan meningkatkan kenyamanan berkendara karena tidak ada hentakan persneling. Sedangkan pada suspensi, MMKSI meningkatkan kapasitas "Rear Shock-absorber" Xpander memakai jenis yang dengan Pajero Sport.

Baca juga: Upaya MMKSI berikan biaya perawatan minimal New Xpander

Baca juga: MMKSI hadirkan Minicab ev yang digunakan oleh presiden di IEMS 2021

Baca juga: New Xpander dominasi penjualan MMKSI di GIIAS 2021
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021