Jakarta (ANTARA) - PT Hino Motor Sales menyediakan pelumas Hino Genuine Oil (HGO) yang difungsikan untuk menjaga performa kendaraan niaga agar tetap prima saat melayani pelanggan logistik maupun jasa transportasi.

"HGO ini memiliki sembilan komponen adaptif, seperti friction modifier yang berguna untuk melapisi permukaan logam dan juga mampu mengurangi gesekan sehingga sangat aman digunakan," ungkap After Sales Director HMSI, Irwan Supriyono pada saat bincang santai di GIIAS 2021, Kamis.

Selain itu, oli ini juga sudah dibekali dengan hadirnya oiliness agent yang bertugas untuk memperkuat lapisan film pada pelumas itu dan ada pula anti wear yang bertindak untuk mencegah keausan dan kerusakan pada komponen.

Baca juga: Mobil vaksin keliling Hino Flexicab dipajang di GIIAS 2021

HGO sudah dilengkapi anti corossion untuk membentengi komponen-komponen dari korosi, termasuk di dalamnya juga sudah ada anti-oxidant mencegah oksidasi. HGO dapat menjaga mesin tetap bersih berkat kandungan detergents & dispersants. Hadir pula viscosity index improver yang bertugas untuk stabilitas viskositas.

Terdapat pula antifoaming agents yang mencegah pembentukan gelembung busa, dan pour point depressant yang dapat mempertahankan fluiditas pada suhu dingin.

"Saat ini, kami (Hino) memiliki teknologi khusus pada mesin, sehingga akan memberikan tingkat efisiensi pendinginan yang optimal dan membuat mesin tetap bekerja sangat optimal," kata dia.

Hino uji coba oli resmi tersebut pada jalur Tol Trans Jawa, Jakarta - Surabaya (PP), dan mereka mengklaim tak menemukan masalah pada mesin. Perusahaan juga membeberkan hasil uji coba pada mesin RN 285 dan R260 dengan hasil suhu mesin yang bersahabat, berkisar antara 25 - 30°C. Dalam pengujian, armada yang digas hingga 100km/km memiliki kestabilan yang cukup baik. Hal itu terlihat pada temperatur oli mesin yang tidak berkurang dari titik nyala oli.

"Untuk hal ini, kami memiliki lubang pelumasan pada Oil Gallery yang bertugas untuk mendinginkan piston. Dengan hadirnya ini, jelas akan meningkatkan efisiensi pendinginan dibandingkan dengan tipe piston tanpa oil gallery," jelas dia.

Baca juga: Volvo Trucks kenalkan FM-FMX dan FH16 generasi keempat

Baca juga: Hino Connect telah digunakan di 20 ribu kendaraan

Baca juga: Hino R260 pakai bodi alumunium Avante H7 AB racikan Karoseri Tentrem


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021