Jakarta (ANTARA News) - Juara Formula Satu sebanyak  tujuh kali,  Michael Schumacher berharap bisa lebih unggul pada  musim balap kali ini, setelah sirnanya kekecewaan atas  masalah ban yang membuatnya terjegal pada tahun lalu.

Pengendara Mercedes GP itu menggunakan ban Bridgestone pada tahun  2010, tetapi kini ia menggunakan Pirelli.

"Satu-satunya hal yang bisa dikatakan adalah karakteristik dari ban  tahun lalu   menurut pengalaman saya sangat tak biasa," Kata Schumacher seperti dikutip dari Autoweek di Melbourne Australia sebelum pembukaan musim balap tersebut.

"Ban yang kami punya sekarang, terlihat lebih normal. Saya senang memiliki karakter ini. Kendaraan saya menjadi mobil balap yang jauh lebih stabil, lebih performance-oriented, dan  memberi banyak timbal balik, saya merasa lebih nyaman."

Banyak orang bersikap skeptis pada musim balap lalu ketika Schumacher mengeluhkan ban.

"Hal yang paling penting adalah  saya ingin membuktikan pada diri sendiri," katanya.

"Hal yang sudah sangat jelas bagi saya bahwa hingga kini saya tak yakin seratus persen cara menggunakan ban tersebut ( dalam mendapatkan peforma terbaik dalam putaran sirkuit). Saya belum paham apakah penyebabnya hanya ban, atau karena saya (yang kelelahan) selama tiga tahun, tak paham tim dan tak paham semua tombol dan letaknya, dan carea untuk membuat semua kesatuan itu bekerja bersama. Saya tak tahu, yang saya tahu saya kini saya merasakan sesuatu dan saya sudah kembali."

Schumacher mengatakan dia tak khawatir dengan penggunaan teknologi baru pada tahun ini, seperti sistem pemulih energi kinetik dan sayap belakang yang bisa digerakkan.

"Sejak saya balap, sudah banyak tahap perkembangan," katanya. "Dulu pindah gigi masih manual, lalu ada zaman suspensi aktif, kendali traksi, ABS dan seterusnya, lalu berbagai kendaraan elektronik di stir. Tahun lalu, kami memiliki f-ducts, dan tahun ini kami punya sayap belakang, kami mempunyai KERS. Yang bisa saya bilang adalah semua yang membuat saya melaju lebih cepat, saya bisa adaptasikan dan sesuaikan di mobil saya, itulah yang saya suka."
(yud/A038)
Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Copyright © ANTARA 2011