London (ANTARA News) - Toyota berencana meluncurkan sepuluh model Hybrid baru secara global hingga tahun 2015, seperti disampaikan rilis rencana bisnis pabrik otomotif asal Jepang tersebut.

Menurut New York Times, bila laporan Toyota sebelumnya mengenai pengembangan mobil hybrid masih benar, enam dari 10 model hybrid itu akan masuk ke pasaran tahun 2012.

"Tak semua hybrid itu akan dijual di Amerika Serikat," tulis New York Times.

Masyarakat luas sudah tahu tentang hybrid  Lexus CT 200h keluaran 2011 dan Toyota Prius V keluaran 2011 yang makin lapang.

Prius baru untuk Eropa dan Jepang diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2011. Versi baru itu  mirip dengan Prius V tetapi mampu menampung tujuh penumpang dan mengutamakan baterai lithium-ion sebagai ganti baterai nikel metal hidrida. Toyota kemungkinan akan memberi nama tersendiri bagi  model tersebut.

Prius yang lebih kompak, seperti konsep Prius C, kemungkinan akan masuk dalam kelompok tersebut. Prius "plug-in" yang mampu menempuh jarak 13 mil itu akan dilempar ke pasaran awal 2012.

Toyota juga mengatakan mereka akan melanjutkan proyek n untuk kendaraan murni elektrik dan fuel-cell hidrogen.

Toyota menunjukkan versi elektrik RAV4 mereka, yang dikembangkan bersama Tesla Motors, pada L.A Auto Show bulan November.

Berdasarkan rencanan bisnis, Toyota juga akan meningkatkan  penghematan bahan bakar kendaraan bensin. Juga disebutkan dalam rencana adalah usaha lanjutan unutk posisi Lexus sebagai merek mewah global.

Mereka berencana memiliki varian hybrid dari semua kendaraan paling cepat awal 2020.
(ENY/A038)
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2011