Jakarta (ANTARA News) - Volvo mengklaim kendaraan terbarunya merupakan dambaan bagi pengemudi yang menginginkan emisi rendah, hemat bahan bakar sekaligus performa mantap.

Kendaraan plug-in hybrid diesel itu akan muncul di Geneva Motor Show secara virtual. Produk terbaru Volvo V60 itu sudah siap untuk diproduksi dan dijual mulai 2012.

Emisinya tak sampai 50g/km dan menurut Volvo "memberi yang terbaik dari kendaraan listrik dan diesel". Alasannya, kendaraan itu hemat BBM, rendah emisi, tapi punya jarak tempuh jauh sekaligus kemampuan yang OK.

Begitu menekan tombol, pengemudi akan diberi pilihan tenaga yang akan digunakan; listrik dengan jarak tempuh 32 mil atau "hibrid efisiensi tinggi dengan emisi CO2 49g/km."

Pilihan lainnya adalah "akselerasi 0-62 mil perjam dalam 6,9 detik dan 324-plus-147 pound ft torsi serta output 215-plus-70 tenaga kuda.


Roda depan V60 digerakkan oleh 5 silinder 2,4liter D5 turbodiesel yang menghasilkan 215 tenaga kuda dengan torsi maksimum 324lb ft.

Poros belakang dilengkapi ERAD (poros belakang bertenaga listrik) yang punya kekuatan 70 tenaga kuda. Tenaga itu dipasok oleh baterai litium-ion 12kWh.

Volvo V60 menggunakan enam tingkat kecepatan otomatis.

Tiga tombol tersedia di panel instrumen untuk dipilih pengemudi; "Pure", "Hybrid" dan "Power".

Interaksi antara mesin diesel dengan tenaga listrik ditangani sistem kendali elektronik.
(A038/A038/BRT)
     
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011