Jakarta (ANTARA News) - Ini konsep-konsep  2011 soal mobil : Morris Mini yang dimaksimalkan, mobil sport Hyundai berpintu dua dengan satu pintu tambahan, minivan Kia dengan pintu sayap camar.  Di Detroit Auto Show, para  desain terkemuka menawarkan sesuatu yang makin lebih ataupun  makin kurang.

Desainer  kembali  menjanjikan ruang yang lebih luas dalam kendaraan yang makin pendek. Dalam percakapan-percakapan di pameran, "efisiensi" adalah kata paling umum yang mereka gunakan.

Desain terbaru para desainer mencerminkan respon terhadap resesi, misalnya bensin yang membubung  dan aturan bahan bakar yang ketat. Penghematan bukannya menghambat, tapi menginspirasi mereka.

Mobil konsep Kia KV7 yang berbentuk kotak contohnya. "Menghargai kotak" adalah frase yang digunakan direktur desain Kia, Peter Schreyer, untuk menggambarkan KV7. Mobil itu memiliki pintu sayar camar tunggal di sisi penumpang membuka interior megah yang mirip lounge.

Menghargai kotak juga metafora untuk merayakan batas, dalam harapan dan dalam gaya hidup."Minivan adalah kotak. Tetapi, iPhone juga kotak," Schreyer mengakui.

KV7 dengan cerdik mengatur kekotakan itu dengan lekukan anggun di sisi jendela paling balakang. Trik ini menggunakan  bemper mulut harimau, karakteristik dari bahasa desain baru Kia.

Schreyer mengatakan KV7 untuk merayakan (pada 1960-an) saat van dianggap keren, sebelum minivan menjadi stigma.

Para desainer tidak setuju jika kotak jika dikategorikan hanya untuk  minivan atau SUV.

"Para desainer bekerja keras untuk menciptakan sesuatu yang bukan hanya sedan  atau SUV.  Cuma  orang-orang pemasaran dan jurnalis ingin  membandingkan dengan yang sudah ada," kata Schreyer dalam wawancara. Schreyer mengatakan kendaraan baru tidak boleh dibatasi dengan label lama.

Tetapi, bagi Ford, kata M (minivan) masih  membawa stigma  rumah tangga yang membosankan.

Pada pameran perusahaan itu, tulisan besar di atas C-Max menyatakan "kendaraan keluarga pintar." Tapak kaki C-Max  relatif kecil dan van itu dilengkapi pintu geser.  C-Max dan  Mazda 5 adalah contoh dari van yang lebih efisien, lebih kecil  dan sudah terkenal di Eropa.

"Apakah ini minivan?" tanya reporter New York Times kepada spesialis produk di pameran.

"Bukan... Ya Tuhan...apa ya sebutannya?," kata spesialis produk itu.

Apapun sebutannya, C-Max menawarkan ruang maksimum dengan tujuh tempat duduk. Dia hanya tiga inci lebih panjang daripada sedan Focus.

Senada dengan Ford, kini Toyota menambahkan ruang kargo pada lini kendaraan hybrid mereka. Toyota memperkenalkan Prius V, versi mirip wagon yang lebih panjang.

Ruang yang lebih besar adalah juga konsep yang diadopsi Mini. Mobil konsepnya, Paceman susah untuk digolongkan. Paceman, yang disebut-sebut crossover berpintu dua, menggambarkan evolusi Mini.

Untuk menyeimbangkan body yang semakin tinggi maka tiang penyangga yang  gelap dan atap putih memberi kesan garis horisontal, kata Adrian van Hooydonk, kepala desainer semua merek BMW, pabrikan pemilik Mini.

Dia juga mencatat bahwa lampu belakang Paceman horisontal kebalikan format vertikal Mini sebelumnya.

Michael Warsaw, direktur utama desain industrial di Johnson Controls, mengatakan bila ada frase atau kategori baru yang bentuknya kotak dan desain efisien, mungkin saja namanya  "small tall (tinggi kecil)."

Dia menggunakan frase itu menunjuk ke kendaraan kotak (segmen B) yang ukuran dan bentuknya mirip Kia Soul dan Nissan Juke.

Mobil konsep Hyundai Curb mengeksplorasi small tall  dengan visi ketangguhan perkotaan. Hyundai menyebutnya penciptaan sebuah kendaraan kompak untuk kegiatan perkotaan.

Reporter New York Times bertanya kepada Phil Zak, kepala studio California dimana Curb dirancang.

Dia mengatakan inspirasinya adalah trotoar jalan kota, sebuah batu loncatan untuk kehidupan malam perkotaan. The Curb ada di rumah, ia menyarankan, antara "klub malam dan berlubang."

Ruang interior adalah kunci untuk konsep tersebut. Saudara kandung Curb, Hyundai Veloster yang berpintu tiga adalah konsep mengenai efisiensi kendaraan sporty. Mobil itu akan dijual musim panas nanti.

"Pintu ketiga  membuat lebih mudah untuk masuk ke tempat duduk belakang," kata Zak.

Para desainer menuyimpulkan bahwa pengemudi lebih muda suka membawa teman-teman. Mereka menginginkan tempat duduk belakang  karena riset menunjukkan  kaum muda lebih berorientasi ke kelompok.

Curb ingin mengatasi menggabungkan  efisiensi dan sporty serta "small tall" yang tampak dinamis.

Triknya untuk mencampur efisiensi ruang dengan garis mengalir. Curb dan Veloster menggunakan trik itu, demikian juga  sedan Sonata dan Elantra baru.
(ENY/A038/ART)
Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011