Jakarta (ANTARA News) - Jika Anda mengira kaum pria lebih cakap menyetir ketimbang perempuan, Anda bisa jadi salah, minimal kata anak-anak anda.

Sebuah survey di Inggris mengemukakan kesimpulan yang unik. Menurut anak-anak Inggris, Ibu ternyata lebih cakap mengemudi ketimbang ayah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan rental mobil asal Inggris, Budget, anak-anak lebih suka jika sang bunda mengemud. Ini bukan hanya karena keterampilannya tetapi karena kaum ibu suka bercanda dan bermain ketika sedang mengemudi.

Tujuh dari sepuluh anak yang terlibat dalam penelitian itu mengemukakan bahwa ayah bukan pengemudi yang baik karena mereka suka mengambil risiko, sementara empat dari sepuluh anak menganggap berkendara di tengah jam-jam sibuk lebih nyaman dilakoni dengan ibu mereka.

Hampir sepertiga atau sekitar 30 persen anak-anak mengatakan lebih ingin berkendara dengan sang bunda karena ibu lebih banyak mengajak mereka ngobrol ketimbang ayah.

Sementara 40 persen anak merasa lebih nyaman berkendara dengan ibu dan hanya 26 persen yang lebih suka ayah mereka  di belakang kemudi.

Sekitar 70 persen anak mengaku ayah mereka sering hampir terlibat tabrakan, mengemudi dengan kecepatan tinggi, cenderung mengambil risiko, dan mengumpat pengemudi lain.

"Anak-anak punya pandangan yang unik dari kursi belakang tentang kemampuan mengemudi orang tua mereka," kata Stuart Liddle, juru bicara Budget, seperti dikutip Daily Mail.

Akan tetapi, meski kebanyakan anak lebih suka berkendara bersama ibu mereka, tidak dapat disangkal bahwa keterampilan mengemudi ayah menurut mereka lebih baik dari ibu.

Sekitar 60 persen anak-anak mengaku ayah mereka lebih terampil saat mengemudi mundur dan mamarkir kendaraan.

Survey itu melibatkan anak-anak berusia enam sampai 15 tahun.
(Ber/A038/BRT)
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2010