Jakarta (ANTARA) - Volvo Cars bersama perusahaan induknya, Geely Holding, membangun usaha patungan dengan konsep bisnis mandiri di bidang powertrain (sistem penggerak) yang diberi nama Aurobay.

Volvo dalam pernyataannya dilansir Reuters pada Sabtu (10/7) menyebutkan bahwa Aurobay akan menjadi pemasok global untuk produk transmisi dan mesin hybrid.

Secara bisnis, Aurobay pada awalnya akan dimiliki bersama oleh Volvo Cars dan Geely Holding. Kemudian Volvo akan mentransfer sejumlah unit usaha mereka, termasuk pabrik dan pusat riset, yang boleh digunakan Aurobay dalam beberapa bulan mendatang.

Pembentukan Aurobay diharapkan bisa memberikan ruang yang lebih luas bagi Volvo untuk mengembangkan mobil premium bertenaga listrik.

Volvo menyasar 50 persen penjualan dari produk mobil listrik pada 2025, dan sisanya adalah penjualan untuk mobil hybrid yang semuanya akan menggunakan produk powertrain dari Aurobay.

“Untuk Geely Holding, entitas baru itu akan mendapatkan keuntungan dari penambahan tim riset yang kuat dan mesin pembakaran berteknologi maju dan efisien serta powertrain hybrid untuk portofolio merek mereka, guna menciptakan basis yang kuat untuk sinergi operasional, industri, dan keuangan yang substansial,” kata Geely Holding dalam pernyataannya.

“Bisnis yang baru berdiri ini juga memiliki ambisi untuk memasok pelanggan di luar Geely Holding, dan bertujuan untuk menjadi pemain terkemuka dalam penyediaan solusi powertrain berkualitas tinggi, rendah emisi, dan hemat biaya,” tambah Volvo Cars.



Baca juga: Porsche: Hypercar andalan, tapi mobil listrik juga penting

Baca juga: Porsche dan Rimac dirikan usaha patungan yang libatkan Bugatti VW

Baca juga: Saingi Tesla, Geely siap luncurkan merek EV premium baru

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021