Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina Persero menjalin kerjasama dengan PT BMW Indonesia untuk mempromosikan penggunaan Pertamina Dex sekaligus memberikan dukungan dalam penyediaan bahan bakar diesel teknologi tinggi yang ramah lingkungan.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Djaelani Sutomo di Jakarta, Kamis, menjelaskan emisi gas buang Pertamina Dex sangat rendah jika dibandingkan solar biasa, sehingga lebih ramah lingkungan serta membuat mesin lebih awet dan bersih.

Pertamina Dex diakui berkualitas tinggi karena memiliki kadar ukuran kualitas pembakaran bahan bakar lebih dari 53 dibandingkan dengan solar biasa yang hanya 48, sehingga mesin kendaraan diesel menjadi lebih enteng tarikannya, lebih responsif dan kandungan sulfurnya sangat rendah yaitu di bawah 300 ppm.

"Sebenarnya Pertamina Dex sudah mulai dipasarkan sejak tahun 2008 dengan kemasan jerigen isi 10 liter, namun saat ini mulai dikembangkan secara curah melalui pompa dispenser yang ada di SPBU," katanya.

Pertamina Dex sangat dianjurkan untuk kendaraan diesel yang menggunakan teknologi common rail seperti BMW X1, Mercedes Benz Diesel, Mitsubishi, dan Toyota.

"Kerjasama dengan Pertamina memberikan dorongan yang luar biasa terhadap pengenalan teknologi BMW Advanced Diesel di Indonesia, dengan adanya Pertamina Dex merupakan solusi paling mudah untuk mengurangi polusi di Indonesia," kata Direktur BMW Indonesia, Ramesh.

Ia mengatakan, penjualan mobil bermesin diesel mencapai 70 persen dari seluruh penjualan BMW di Eropa dan 40 persen dari penjualan BMW di dunia, khusus BMW X1 versi dieselnya meraih 97 persen dari total penjualan dunia, prestasi ini menunjukkan bahwa BMW Advanced Diesel telah diapresiasi oleh konsumen, yaitu kaum urban modern yang cinta lingkungan.

Pada tahap awal penjualan secara curah, baru tujuh SPBU di Jakarta yang menyediakannya, yaitu di SPBU Jl. A. Yani Rawamangun (Jaktim), SPBU Jl. Penjernihan (Jakpus), SPBU Jl. MT Haryono (Jaksel), SPBU HR Rasuna Said (Jaksel), SPBU Karang Tengah (Jaksel), SPBU Jl. Bukit Golf Medetarania Pantai Indah Kapuk (Jakut), dan SPBU Jl. Daan Mogot (Jakbar).

Selain di Jakarta, Pertamina Dex curah sudah dipasarkan di 22 SPBU yang berada di kota-kota lainnya.
(ANT/B010)
Pewarta: Bambang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010