Toyota (ANTARA News) - Toyota Motor, Jumat mengatakan, bahwa penjualan kendaraan hibrida di Jepang telah melebihi tanda satu juta dan di seluruh dunia itu telah menjual 2,68 juta kendaraan pada akhir Juli.

Toyota, terdepan dalam mobil hibrida yang menggunakan dua sumber daya - sebuah mesin bensin dan sumber lain seperti motor listrik - meluncurkan Prius, mobil hibrida pertama di dunia yang diproduksi secara massal, pada 1997.

Pembuat mobil terbesar di dunia kemudian mengembangkan penggunaan sistem hibrida untuk mini-van, SUV dan sedan rear-wheel-drive.

Saat ini, sembilan Toyota model kendaraan penumpang hibrida dan tiga model kendaraan komersial hibrida dijual di Jepang dan total delapan model kendaraan penumpang hibrida dijual di luar negeri.

Penjualan hibrida telah cerah dalam beberapa tahun terakhir karena harga bensin tinggi dan meningkatnya kesadaran publik tentang pemanasan global.

Tahun lalu, Toyota menarik kembali437.000 Prius dan kendaraan hibrida lainnya untuk perbaikan cacat dalam sistem pengereman, sebagai bagian dari sekitar 10 juta penarikan kembali di seluruh dunia yang telah mencoreng reputasi yang sebelumnya bintang untuk kualitas.

Namun Prius telah mempertahankan posisi teratas dalam penjualan di Jepang untuk tahun lalu, menurut Asosiasi Dealer Mobil Jepang. (*)

AFP/A026/M012
Pewarta: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010