Jakarta (ANTARA News)- Tata Motors berencana untuk memperbanyak jenis Jaguar dan meningkatkan jaringannya ke China. Menurut Tata Motors, dalam laporan tahunannya seperti dikutip Reuters, China telah bertumbuh menjadi pasar terbesar ketiga bagi produk Land Rovers mereka.

Tata berencana meluncurkan kendaraan jenis 'station wagon', Jaguar kelas 'entry level', dan sebuah 'roadster' baru.

Selain itu sebuah sport utility vehicle (SUV) Rover juga sedang dibangun dan kendaraan-kendaraan hibrida akan terus-menerus diperkenalkan.

"Sekarang permintaan sedang bangkit dan tantangan bagi perusahaan kami adalah untuk menyediakan kendaraan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar," kata Ratan Tata, pimpinan Tata Motor dalam laporan tahunannya.

Tata Motors yang menjadi nomor satu sebagai pembuat truk di India, juga memproduksi Nano, mobil termurah di dunia. Perusahaan itu membeli perusahaan otomotif asal Inggris, Jaguar dan Land Rover dari Ford Motor Co., pada 2008 senilai 2,3 miliar dollar Amerika Serikat.

Penjualan Jaguar dan Land Rover sampai Juni silam meningkat mencapai 60 persen 57.153 unit.

Pada Mei yang lalu, Tata mengungkapkan mereka berharap meningkatkan penjualan di China sampai 20.000 unit Land Rover dan 5000 Jaguar pada periode 2010 sampai 2011.

Tata juga berencana membangun pabrik perakitan mobil di China.
(BER/A)38/BRT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010