Jakarta (ANTARA) - Hyundai telah memperbarui truk hidrogen XCIENT Fuel Cell dari sisi desain maupun kinerja, membuat truk tugas berat tanpa emisi ini menjadi lebih menarik bagi pelanggan armada di seluruh dunia.

Desain eksterior yang diperbarui mengekspresikan kinerja XCIENT Fuel Cell yang dinamis dan ramah lingkungan. Dihiasi dengan bentuk 'V' linier dan tebal dengan detail krom dan pola jaring multi-dimensi, kisi radiator baru mencerminkan truk listrik sel bahan bakar berteknologi tinggi di jalan, sekaligus melayani fungsi teknisnya sendiri.

Warna titik biru yang mengelilingi gril dan grafis stiker memvisualisasikan dengan jelas penggunaan energi hidrogen ramah lingkungan XCIENT Fuel Cell, kata Hyundai dalam pernyataan resminya.

Sel bahan bakar XCIENT 2021 dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar hidrogen 180 kW dengan dua tumpukan sel bahan bakar 90 kW, yang baru dimodifikasi untuk model truk tugas berat ini.

Daya tahan sistem sel bahan bakar serta efisiensi bahan bakar kendaraan secara keseluruhan telah ditingkatkan agar tetap selaras dengan permintaan pelanggan armada komersial.

E-motor 350 kW dengan torsi maksimum 2.237 Nm memungkinkan performa berkendara yang dinamis.

Tujuh tangki hidrogen besar menawarkan kapasitas penyimpanan gabungan sekitar 31 kg bahan bakar, sementara tiga baterai tegangan tinggi 72-kWh menyediakan sumber tenaga tambahan.

Jarak tempuh maksimum Sel Bahan Bakar XCIENT 2021 ditetapkan sekitar 400 km. Pengisian bahan bakar tangki penuh hidrogen membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 20 menit, tergantung pada suhu lingkungan.

XCIENT Fuel Cell 2021 kini tersedia dalam konfigurasi bodi kaku 6x2 serta opsi 4x2 yang diperkenalkan pada model sebelumnya. XCIENT Fuel Cell diluncurkan di jalan-jalan di Eropa, Amerika Utara, dan China.

Hyundai akan memulai produksi 2021 XCIENT Fuel Cell pada Agustus tahun ini.


Baca juga: Hyundai rambah pasar truk hidrogen China, bakal pasok 4.000 unit

Baca juga: Hyundai kirim tujuh truk sel bahan bakar pertama ke Swiss

Baca juga: Hyundai akan ekspor truk "fuel cell" pertamanya ke Eropa

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021