Jakarta (ANTARA) - Pabrikan kendaraan sport asal Jerman, Porsche resmi menggandeng Shell untuk mengimplementasikan pengisian daya tinggi lintas batas (HPC) pertama di Asia Tenggara dengan 12 titik pengisian daya di enam stasiun Shell yang berlokasi strategis di sepanjang jalan raya Utara-Selatan Malaysia hingga Singapura.

Dengan adanya fasilitas yang sudah disiapkan kedua pihak berharap akan memberikan kenyamanan saat mengendarai kendaraan listrik tanpa perlu khawatir daya dari kendaraan akan melemah.

Wakil Presiden Wilayah Luar Negeri dan Pasar Berkembang Porsche AG, Matthias Becker mengugnkapkan bahwa pasar ASEAN, memiliki potensi kuat bagi Porsche dan kami melihat peluang untuk membentuk mobilitas listrik di kawasan ini.

"Jaringan pengisian daya berkinerja tinggi kami di Singapura dan Malaysia akan berfungsi sebagai proyek mercusuar untuk diikuti negara lain," kata Matthias Becker dalam keterangan resminya yang dikutip pada Jumat.

Dalam hal ini, Wakil Presiden Senior, Mobility East, Shell, Amr Adel mengatakan bahwa mobilitas listrik di masa depan adalah masalah global bukan hanya di Asia, maka dari itu dibutuhkan kerjasama yang akan dapat membangun ekosistem kendaraan listrik lebih cepat.

"Asia Tenggara menunjukkan kompleksitas dan keragaman baik dari tantangan maupun peluang yang ada di depan. Karena semakin banyak pelanggan yang mengadopsi EV dan pemerintah berupaya memenuhi tujuan iklim mereka," kata dia

Kemitraan antara Porsche dan Shell adalah salah satu dari banyak contoh bagaimana para pelaku industri harus bersatu untuk memainkan peran penting guna membantu pengurangan karbonisasi sektor transportasi dan membuka jalan bagi solusi mobilitas yang lebih bersih bagi pelanggan," tambah dia.

Nantinya, terdapat enam stasiun Shell yang akan dilengkapi dengan pengisi daya arus searah (DC) 180 kW, yang menawarkan kapasitas pengisian daya tertinggi di Singapura dan Malaysia.

Pengisi daya dilengkapi dengan dua konektor pengisi daya CCS Tipe 2, memungkinkan satu kendaraan diisi daya hingga 180 kW, atau dua kendaraan mengisi daya secara bersamaan hingga masing-masing 90 kW.

Penawaran tersebut akan diluncurkan secara bertahap dengan empat stasiun akan siap pada paruh kedua tahun 2021 dan dua stasiun tambahan pada paruh pertama tahun 2022.

Baca juga: Porsche Jakarta dorong mobil "impor grey" servis di bengkel resmi

Baca juga: Porsche Indonesia umumkan pembaruan perangkat lunak Taycan

Baca juga: Porsche: Hypercar andalan, tapi mobil listrik juga penting

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021