Jakarta (ANTARA) - Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengakui ada perbedaan mesin yang diusung Honda City Hatcback RS yang dirilis di Indonesia dengan yang di Thailand.

Perbedaan itu berdasarkan variasi kebutuhan dan permintaan dari masyarakat di kedua negara.

"Mesin yang kami berikan ke Honda City Hatcack RS ini adalah yang memang benar-benar dapat memenuhi kebutuhan konsumen pasar di Indonesia," ungkap Yusak Billy dalam acara peluncuran Honda City Hatcback RS secara virtual, Rabu.

Selain itu, Honda City Hatcback RS diklaim memiliki konsumsi lebih hemat dibandingkan dengan yang terdahulu. Meski tidak menggunakan turbo, penyematan teknologi mesin mereka merasa DOHC sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Kami juga akan pelajari terus seperti apa keinginan dan kebutuhan konsumen Indonesia, sehingga kita menghasilkan produk yang memang benar-benar diinginkan, jadi dengan mesin yang 1.5L DOHC ini sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen kita," kata dia.

Honda City Hatcback ini hadir untuk menggantikan peran Honda Jazz yang sudah berhenti produksi sejak bulan lalu. Untuk menunjang performa, kendaraan ini dibekali dengan transmisi CVT & 6 M/T telah didukung oleh 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat performanya mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm, yang merupakan terbesar di kelasnya.

Sesuai dengan kebutuhan saat ini untuk emisi yang lebih bersih dan penghematan sumber daya, gas buang pada model ini telah sesuai standar EURO 4. Selain itu, tersedia pula ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Jika melihat bagian dalam, menurut catatan yang diberikan oleh HPM, kendaraan Hatcback dilengkapi dengan desain yang terlihat sangat sporty

Selain itu terdapat juga panel instrumen yang didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang juga terintegrasi dengan 8 inci Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Smartphone juga dapat dengan mudah ditautkan pada bagian audio dengan fitur Smartphone Connection yang dapat menunjang aktivitas penggunanya.

Baca juga: Mobil laris 2021 diprediksi masih akan didominasi pickup dan city car

Honda juga menyematkan fitur yang canggih di dalam mobil ini seperti fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

Dalam hal ini, Honda merancang area kabin dengan fungsionalitas tinggi untuk memenuhi gaya hidup konsumen dan kebutuhan anak muda yang sangat dinamis. Kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi ULTRA Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Pada bagian luar, mobil ini menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat dan desain lampu terkini dengan Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars.

Selain itu, warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16” Sporty Alloy Wheels yang memiliki aksen warna hitam yang semakin menambah karakter sporty pada mobil ini.

Honda telah mengembangkan kombinasi aerokit dan bumper melalui pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang yang juga mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika yang lebih baik.

Honda City Hatchback RS juga sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

Baca juga: Sekilas tentang Honda City Hatchback, pesaing baru Yaris

Honda City Hatchback RS merupakan model pertama di kelasnya yang memiliki fitur ini, yang sebelumnya dihadirkan Honda untuk model-model premium seperti All New Honda Accord, New Honda Civic, dan juga New Honda CRV.

Untuk memperkuat citra Honda di mata konsumen, Honda menghadirkan fitur yang kekinian seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

Dari segi fitur keamanan, Honda City Hatchback RS telah dilengkapi dengan fitur keselamatan berstandar tinggi yang memberikan rasa aman dan perlindungan yang optimal., seperti menggunakan rangka G-CON + ACE dan dilengkapi dengan 6 airbags untuk perlindungan lengkap.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder.

Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda yang meliputi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

"Honda sangat bangga mempersembahkan Honda City Hatchback RS sebagai model baru bagi konsumen Indonesia. Kami telah mempelajari kebutuhan dari konsumen muda hatchback dan berupaya keras dalam mengembangkan mobil yang sporty, stylish, dan sekaligus fungsional untuk memenuhi gaya hidup dari penggunanya," tutup Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor.


Baca juga: Duo Honda City dari generasi ke-5 resmi meluncur di Thailand

Baca juga: All New Honda City generasi 5 meluncur di Filipina

Baca juga: Honda City Hybrid meluncur, langsung dipesan 5.000 unit di Malaysia
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021