Jakarta (ANTARA) - Pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan dalam kondisi hujan demi menghindari potensi bahaya seperti tergelincir, menghantam lubang dan hal-hal lain yang mengancam keselamatan jiwa.

"Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan," kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relations YRA Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Yamaha Riding Academy (YRA) pada Minggu membagikan sejumlah kiat yang bisa diterapkan pengguna sepeda motor saat berkendara menerjang hujan, berikut ulasannya:

Baca juga: Perhatikan karet wiper sebelum berkendara di musim hujan

Jaga jarak aman

Menjaga jarak adalah rumus wajib berkendara dalam kondisi cuaca kering maupun basah, baik untuk pengguna sepeda motor maupun mobil.

Jaga jarak saat musim hujan semakin penting karena jarak pengereman antara kendaraan dan daya cengkeram rem bisa berkurang karena kondisi basah dan faktor jalan yang licin.

Untuk itu, aturlah kecepatan kendaraan dan sesuaikan jarak Anda dengan posisi kendaraan di depan untuk menghindari tabrakan atau rem mendadak.

Atur guna rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan, traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan basah menjadi berkurang.

Sebelumnya, Anda juga perlu memeriksa komponen rem dan menggantinya jika sudah tidak layak digunakan demi mencegah kecelakaan.

Baca juga: Musim hujan, perhatikan hal ini sebelum berkendara

Perlengkapan

Jangan remehkan perlengkapan berkendara, semisal jas hujan, helm maupun sepatu, sebab alat-alat itu dapat menjaga Anda dari potensi kecelakaan saat hujan.

Gunakan jas hujan sesuai standar, setelan jas dan celana, dan hindari penggunaan model ponco karena risiko tersangkut di roda. Anda juga bisa memilih jas hujan dan helm dengan warna cerah agar terlihat pengendara lain saat pandangan terganggu hujan.

Pakailah sepatu berbahan karet karena selain melindungi kaki, alas tersebut tidak mudah tergelincir saat Anda membutuhkan bantuan pijakan saat menanjak atau berhenti.

Hal yang tidak kalah penting adalah ganti kaca helm dengan visor bening untuk mengopimalkan pandangan saat hujan.

Perawatan harian

Perawatan harian adalah kunci kenyamanan dan keselamatan berkendara. Perhatikan kondisi ban (tidak gundul dan sesuaikan tekanan angin), rem serta kelistrikan (termasuk lampu hingga klakson).

Periksa juga kondisi bodi motor, karena bodi yang renggang memungkinkan air masuk dan merusak komponen di dalamnya yang membuat motor Anda mogok saat melintasi hujan.

Baca juga: Tips riding yang aman musim hujan

Baca juga: Tips berkendara aman saat musim hujan
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021