Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan bahwa penjualan kendaraan Honda Brio maih menjadi tulang punggung dari PT HPM selama tahun 2020, dengan mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia.

Honda Indonesia mengatakan bahwa hasil itu tercapai berkat dukungan seluruh jaringan diler mereka yang mampu menyambut pertumbuhan pasar di segmen pembeli mobil pertama.

Honda Brio tersedia dalam dua tipe, Satya dan RS, yang sama-sama menyasar konsumen pembeli mobil pertama, keluarga muda, atau kalangan anak muda.

Honda Brio masing-masing berhasil membukukan penjualan sebanyak 31.713 dan 11.308 unit, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS sekaligus memberikan kontribusi hingga 54 persen dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang tahun 2020 yang tercatat sebanyak 79.451 unit.

Hingga akhir tahun 2020, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2 persen, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7 persen di segmen City Car.

Dalam pemaparan secara virtual, Senin, Business Innovation and Marketing & Sales Director, Yusak Billy mengatakan bahwa pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi.

Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.

"Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan diler Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama," kata Yusak Billy.

"Namun terutama kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia," tambah dia.


Baca juga: 20 mobil terlaris Indonesia, Honda Brio dan Suzuki Carry teratas

Baca juga: Honda Brio Satya puncaki penjualan kendaraan HPM pada November


Prestasi sebagai model terlaris di Indonesia merupakan hal pertama bagi Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012. Dalam waktu delapan tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit.

Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu.

President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe mengungkapkan kebanggaannya terhadap Honda Brio karena produknya diterima sangat baik konsumen di Indonesia. 

"Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang," ungkap Takehiro Watanabe dalam siaran pers, Senin.

Honda Brio hadir dengan mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter bertenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan dengan standar tinggi.

Baca juga: HPM jual 55.548 mobil Honda hingga akhir kuartal III 2020

Baca juga: Penjualan mobil Honda tumbuh 12 persen pada Oktober

Baca juga: Penjualan mobil Honda meningkat berkat dukungan program pembiayaan

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021