Jakarta (ANTARA) - Data Industri Korea Selatan menunjukkan bahwa penjualan kendaraan ramah lingkungan milik Hyundai Motor Group di pasar global, melonjak sebanyak 36 persen dan menjadi lebih dari 500.000 unit pada 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hyundai Motor Co, bersama dengan afiliasinya Kia Motors Corp. berhasil menjual total 501.487 unit model ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik (EV), model hibrida, dan EV sel bahan bakar, di seluruh dunia tahun lalu.

Berdasarkan jenisnya, model hybrid bensin menyumbang 52 persen dari total 262.186 unit, diikuti oleh EV 178.158 unit, plug-in-hybrids 54.362 unit dan kendaraan sel bahan bakar 6.781 unit.

Di antara kendaraan bertenaga baterai, SUV all-electric Hyundai Kona adalah model EV terlaris dengan 84.745 unit, dan Niro EV Kia datang berikutnya dengan 52.018 unit.

Penjualan kendaraan ramah lingkungan diperkirakan akan meningkat lebih lanjut tahun ini karena grup otomotif No. 5 dunia berencana untuk meluncurkan lebih banyak model listrik.

Hyundai Motor mengatakan akan meluncurkan IONIQ 5, model listrik pertama yang didasarkan pada platform EV-nya sendiri tahun ini.

Kia mengumumkan rencana untuk merilis model crossover listrik murni berdasarkan platform khusus pada kuartal pertama.

Baca juga: Seriusi pasar China, Hyundai bangun pabrik sel bahan bakar

Baca juga: Hyundai perbarui KONA lebih bertenaga dan gesit

Baca juga: Hyundai Motor rilis gambar pertama dari IONIQ 5

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021