Jakarta (ANTARA) - DAMRI resmi melayani bus ramah lansia, disabilitas, dan lingkungan untuk rute layanan dalam kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Hal tersebut bertujuan untuk menunjang kemandirian sahabat disabilitas seperti sekolah, bekerja, dan aktivitas lainnya. DAMRI pun berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal pengguna jasa transportasi publik," kata Direktur Utama DAMRI, Setia N Milatia Moemin melalui keterangannya, Kamis.

Baca juga: DAMRI resmi layani trayek Jakarta Blok M ke Bandung

Baca juga: DAMRI tingkatkan layanan digital lewat "Fleet Management System"
Petugas membantu penumpang menaiki Bus Disabilitas saat peresmian beroperasinya Bus Disabilitas NTB Gemilang di Mataram, NTB, Rabu (16/12/2020). Penyediaan layanan Bus Disabilitas NTB Gemilang guna mempermudah aktivitas warga penyandang disabilitas tersebut merupakan hasil kerja sama DAMRI bersama Dinas Perhubungan NTB dalam merevitalisasi angkutan umum sekaligus menghadirkan inovasi agar seluruh masyarakat dapat menikmati mobilitas yang nyaman dan aman menggunakan transportasi umum. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)


Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi kerja sama dengan DAMRI. Rohmi juga menyatakan bahwa pengoperasian bus tersebut menegaskan bahwa NTB adalah provinsi yang ramah disabilitas.

DAMRI sendiri telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTB untuk mengoperasikan bus disabilitas sejak Oktober 2020.

Pada tahun 2021 akan direalisasikan lima unit bus yang akan ditempatkan di Pulau Lombok dan Sumbawa. Bus dilengkapi tangga otomatis yang digerakkan dengan hidrolik sehingga dapat bergerak naik-turun dengan kapasitas beban 120 kilogram.

Bus dirancang agar pengguna kursi roda dapat naik ke dalam kabin bus, di mana tersedia sepuluh titik kursi roda dilengkapi sabuk pengaman kursi roda. Bus ini memiliki 20 kursi untuk penumpang tanpa kursi roda.

DAMRI melihat adanya kebutuhan aksesibilitas transportasi sahabat disabilitas yang berada di Kota Mataram serta program unggulan NTB terkoneksi guna mewujudkan NTB Gemilang.

Selain itu, inovasi ini juga merupakan wujud kewajiban pemerintah pusat maupun daerah dalam pemenuhan kebutuhan layanan transportasi untuk kelompok disabilitas sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesibilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus.

DAMRI pun berharap peresmian Bus Disabilitas NTB Gemilang nantinya akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan darat.

Lalu mendorong tren permintaan perjalanan darat dengan kesungguhan DAMRI dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan, serta pelaksanaan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Sementara itu, baru-baru ini DAMRI menyabet dua penghargaan Wahana Adhigana dan penghargaan Abdi Yasa Teladan 2020 dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Baca juga: DAMRI gelar program retrofit bus listrik untuk transportasi umum

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020