Jakarta (ANTARA) - Porche AG mengumumkan telah mengangkat Kjell Gruner sebagai presiden dan CEO Porsche Cars North America Inc (PCNA) menggantikan Klaus Zellmer yang akan mengambil peran sebagai anggota dewan manajemen global di Volkswagen.

Gruner (53) selama ini menjabat sebagai chief marketing officer dan global vice president marketing Porsche. Sementera Zellmer di Volkswagen akan bertanggung jawab untuk penjualan, pemasaran, dan purna jual di Wolfsburg, Jerman.

"Kami dengan tulus berterima kasih kepada Klaus atas kinerja luar biasa yang dia pimpin di pasar Amerika Utara, dengan tahun-tahun pertumbuhan berturut-turut dan program inovatif untuk mendukung pelanggan dan diler yang telah dia mulai. Kami berharap dia sukses dalam peran barunya," kata Detlev von Platen, anggota dewan eksekutif penjualan dan pemasaran Porsche, dalam pernyataan, dikutip Rabu.

Gruner belajar di Jerman dan AS dan pindah ke Boston Consulting Group sebelum bergabung dengan Porsche pada tahun 1999, di mana dia bekerja di beberapa departemen.

Pada tahun 2004, ia bergabung dengan Daimler AG, terakhir sebagai direktur strategi Mercedes-Benz. Ia kembali ke Porsche AG pada tahun 2010 sebagai chief marketing officer dan sejak saat itu telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan merek Porsche global. Dia juga pernah menjadi managing director di Porsche Smart Mobility GmbH.

Gruner akan memulai peran barunya dengan PCNA di Atlanta pada 1 November 2020. Sementara itu, tanggung jawab untuk mengelola operasi sehari-hari PCNA akan dibagi antara CFO Thierry Kartochian dan COO Joe Lawrence.

Pada periode Januari hingga Juni 2020, penjualan Porsche di seluruh Amerika hanya mencapai 29.102 unit, turun 21 persen dibanding periode sama 2019 yang mencapai 36.844 unit, sedangkan di Amerika Serikat saja, mencapai 24.186 unit atau melemah 20 persen dari tahun sebelumnya yang sebanyak 30.257 unit.

Baca juga: Porsche pikir-pikir hadirkan Panamera Coupe, kenapa?

Baca juga: Porsche Panamera Turbo S E-Hybrid segera meluncur

Baca juga: Porsche gelar penyelidikan internal atas dugaan manipulasi mesin
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020