Jakarta (ANTARA) - Volkswagen ID 4, SUV listrik pertama dari VW telah memasuki produksi seri tersebut di Saxony, Jerman, perusahaan mengumumkan minggu ini, dikutip dari The Verge, Minggu.

ID 4 - yang sebelumnya dikenal sebagai ID Crozz ketika masih berupa konsep - merupakan kendaraan kedua dari jajaran kendaraan listrik VW yang akan dijual di Amerika Serikat, China, dan Eropa. Kendaraan seri pertamanya, ID 3, hanya dijual di Eropa.

Praproduksi ID 4 telah dimulai di pabrik Anting VW di China, sedangkan pabrik pembuat mobil du Chattanooga akan mulai berproduksi pada tahun 2022.

Produsen mobil Jerman itu melakukan pengungkapan penuh ID 4 secara virtual pada akhir September. Foto pertama dari ID 4 bocor dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China awal musim panas ini.

Baca juga: Volkswagen copot kepala divisi "software" terkait ID.3 dan Golf 8

Baca juga: VW Nivus terjual 1.000 unit hanya beberapa jam usai peluncuran


Kendaraan ini diharapkan dapat menempuh jarak sekitar 300 mil dengan muatan penuh dan dibangun di atas platform EV modular yang sama yang akan memberi daya pada kendaraan ID VW lainnya.

Akan ada tata letak penggerak semua roda dan roda belakang, dengan yang pertama menjadi versi yang tersedia saat peluncuran. Baterai diposisikan di tengah bagian bawah bodi mobil untuk menciptakan pusat gravitasi rendah dan mengoptimalkan dinamika berkendara. Kokpit digital akan beroperasi menggunakan layar sentuh dan perintah suara intuitif.

Banyak yang berharap peluncuran ID 4 berjalan lebih lancar daripada ID 3, yang harus terganggu oleh adanya masalah pada perangkat lunak yang mengakibatkan penundaan pengirimannya kepada pelanggan.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa CEO VW Herbert Diess dicopot dari perannya pada bulan Juni. Diess juga dilaporkan dicopot dari posisi CEO karena masalah dengan peluncuran Golf baru dan kesalahan langkah lainnya, seperti iklan rasis yang dirilis awal tahun ini.

Jajaran mobil listrik VW ID juga mencakup versi konsep SUV besar (ID Roomzz), kereta dune buggy (ID Buggy), dan versi mikrobus ikoniknya (ID Buzz) yang mengalami penyegaran. Semua sedang dibangun di atas platform kendaraan listrik modular Volkswagen yang dikenal sebagai MEB.

Seri ID kendaraan bukanlah yang pertama terjun ke dalam drivetrains bertenaga baterai. Anak perusahaan VW, Porsche, baru-baru ini juga mengungkapkan mobil sport listrik pertamanya, Taycan.

E-Tron, SUV baterai-listrik pertama dari Audi milik Grup Volkswagen, memulai debutnya pada tahun 2018. Bersama-sama, kendaraan ini mewakili ujung tombak dalam upaya VW untuk mendominasi pasar EV yang sedang berkembang.

Mereka juga penting dalam membantu VW membalik halaman pada skandal Dieselgate yang kini sudah berusia empat tahun, di mana VW dituduh memasang perangkat lunak ilegal pada 11 juta mobil diesel untuk mengelabui uji emisi.

Baca juga: Volkswagen akan uji kendaraan otonom mereka di Hefei, China

Baca juga: Tiga pabrik lintas benua akan produksi SUV listrik Volkswagen

Baca juga: Volkswagen produksi mobil listrik dan paket baterai di AS

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020