Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerjasama dengan HM Enginering menggelar balap simulator Honda Racing Simulator Championship (HRSC) pertama di Indonesia, yang mengangkat tema "Race for Everyone" dan diikuti 232 pendaftar.

Honda Racing Simulator Championship (HRSC) telah membuka pendaftaran pada 15 Juni – 4 Juli 2020. Kemudian, sebanyak 60 peserta dinyatakan lulus dari babak kualifikasi dan dibagi ke dalam dua kelas, yakni kelas profesional dan amatir.

Nantinya, ke-60 peserta tersebut akan berlaga di seri pertama HRSC pada tanggal 11 Juli 2020 di sirkuit virtual Suzuka, Jepang.

Baca juga: Honda All New Acura TLX punya fitur "airbag" cegah cedera otak

Baca juga: Honda Jazz Hybrid akan adopsi teknologi mobil balap F1


Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy mengatakan ajang balap ini akan sangat menarik karena dilakukan secara virtual, dimana sebelumnya Honda selalu konsisten mengadakan balapan HJSC dan HBSC di Sirkuit Sentul.

"Kami senang menyambut respon positif atas penyelenggaraan HRSC ini salah satunya dengan jumlah pendaftar lebih dari 230 orang, melampaui target awal kami sebesar 100 orang. Semoga kompetisi ini dapat memberikan keseruan dan dinikmati oleh lebih banyak orang dari berbagai kalangan," ungkap Yusak Billy dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Seri perdana HRSC dipastikan akan berlangsung seru dengan hadirnya beberapa pembalap dari berbagai latar belakang, di antaranya Jaka Siswoyo, Arwin Taruna, dan Attaya Kenzie.

Tak hanya itu saja, pembalap kejurnas Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) Andika Rama Maulana dan Fitra Eri serta pembalap gokart Daffa Ardiansa juga mengikuti kejuaran balap simulator ini. Hingga saat ini, Jaka Siswoyo unggul dengan menduduki posisi pertama di babak kualifikasi kelas profesional.

Kejuaraan HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR), di mana setiap peserta akan menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version dalam program simulator balap Rfactor 2.

Untuk meraih gelar juara, setiap peserta harus berlomba mengumpulkan poin sepanjang 6 seri yang akan digelar di beragam sirkuit virtual, dimulai dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zandvoort, dan Estoril.

Pada ajang ini, HRSC menyediakan total hadiah Rp65 juta bagi 10 orang pemenang. Untuk kelas profesional, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp20
juta, juara II Rp10 juta, juara III Rp8 juta,

Tidak hanya itu, HRSC juga memberikan hadiah kepada juara IV sebesar Rp6,5 juta dan juara V sebesar Rp5,5 juta. Sementara untuk kelas amatir, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp5 juta, juara II sebesar Rp4,5 juta, juara III sebesar Rp3 juta, juara IV sebesar Rp2 juta dan juara V sebanyak Rp1 juta.

Para peserta yang mengikuti ajang balap virtual ini diharapkan untuk mengatur software dan koneksi internet sebelum mengikuti balap. Peserta direkomendasikan menggunakan kabel LAN untuk memastikan koneksi internet yang stabil dan mengatur tampilan gambar di layar hingga minimal 60 frames per-second (FPS) untuk menghindari gejala lag saat balapan.

Selain itu untuk dapat meraih gelar juara, para peserta perlu memahami teori balapan dan terus berlatih menggunakan software simulator. Seluruh peserta juga perlu memperhatikan dan menaati peraturan yang ada agar terhindar dari risiko diskualifikasi.

Baca juga: Honda City generasi kelima hadir bulan ini di India

Baca juga: Honda Civic Type R jadi "safety car" WTCR 2020

Baca juga: Honda WR-V terbaru muncul di India

Pewarta: KR-CHA
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020