Jakarta (ANTARA) - Honda Prospect Motor (HPM) sebagai penyelenggara Honda Racing Simulator Championship (HRSC) resmi mengumumkan juara dari kelas Proffesional dan Amateur.

Ada 10 orang juara akan mendapatkan total hadiah sebesar Rp65 juta dari ajang balap virtual yang untuk pertama kalinya digelar oleh pabrikan otomotif di Indonesia.

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy, mengatakan aktivitas balap virtual ini sejalan dengan semangat "Everyone Can Race" yang selalu kami usung, yang bertujuan agar semakin banyak orang dapat menikmati kesenangan dalam balapan.

Baca juga: HPM umumkan pemenang Honda Brio Virtual Modification ke-3

"Dari enam seri yang berlangsung kemarin juga terlihat bahwa ajang balap virtual ini menyajikan persaingan yang sangat ketat dan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk dapat bersaing secara terbuka, serta menjadi alternatif tontonan bagi para pencinta balap di masa pandemi ini," ungkap Yusak Billy dalam pengumuman pemenang secara virtual, Jumat.

Kepastian mengenai para juara tersebut diperoleh setelah seri terakhir selesai digelar pada tanggal 29 Agustus 2020 yang lalu di sirkuit virtual Estoril.

Di kelas Profesional, Andika Rama Maulana menempati posisi pertama dengan total 141 poin. Andika Rama Maulana berhasil mengumpulkan poin tertinggi setelah berhasil menyapu gelar juara pertama di 5 dari 6 seri yang digelar.

Kendati demikian, gelar tersebut diraih setelah bersaing ketat dengan Jaka Siswoyo serta pembalap lainnya di keseluruhan seri, namun Rama berhasil finish dengan selisih waktu yang sangat ketat.

Sementara itu, posisi kedua di kelas profesional ditempati oleh Jaka Siswoyo dengan total 125 poin, sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Ferris Stanley dengan total 100 poin.

Baca juga: Honda masih pikir-pikir bentuk tim Esport

Selain kelas Profesional, Kelas Amateur juga menyajikan kesan yang tak kalah seru dengan bermunculan nama-nama baru. Setelah mengumpulkan total 111 poin, Riyan Adisaputra berhasil keluar sebagai juara pertama di ajang ini. Gelar ini diraih Riyan Adisaputra melalui perjuangan ketat setelah pada seri pertama finish di urutan belakang dan kemudian berhasil merebut gelar juara di tiga seri berikutnya.

Persaingan yang ketat di seri akhir membuat Riyan finish di posisi ketiga, meskipun pada akhirnya tetap berhasil mengumpulkan poin tertinggi. Sementara itu, Raditya Hendarmo berhasil meraih posisi kedua dengan total poin sebanyak 96 poin dan Alfan Dani berada di posisi ketiga dengan total 87 poin.

Juara I di kelas Profesional akan memperoleh hadiah sebesar Rp20 juta, diikuti juara II sebesar Rp10 juta, juara III sebesar Rp8 juta, juara IV sebesar Rp6,5 juta dan juara V sebesar Rp5,5 juta.

Sementara untuk kelas Amateur, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp5 juta, juara II sebesar Rp4 juta, juara III sebesar Rp3 juta, juara IV sebesar Rp2 juta dan juara V sebanyak Rp1 juta.

Honda Racing Simulator Championship (HRSC) diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh PT Honda Prospect Motor yang bekerjasama dengan HM Engineering.

Sebanyak 232 pendaftar telah mengikuti babak kualifikasi dan 60 peserta yang dinyatakan lolos dari babak kualifikasi dan dibagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas Professional dan kelas Amateur.

"Ketika kita menyelenggarakan HRSC awalnya kita batasi 100 perseta, dan ternyata antusias begitu besar mencapai 200 peserta, dan kita memang hanya buka dua kategori pro dan amatir yang memang untuk memperkenalkan dunia balap ke masyarakat. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada kelas-kelas baru di HRSC berikutnya," tutur dia.

Baca juga: Honda gelar balapan virtual diikuti 232 peserta

Baca juga: HPM gelar kejuaran balap HRSC menggunakan simulator

Baca juga: Honda fokus kembangkan ajang balap virtual di tengah pandemi

Pewarta: KR-CHA
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020