Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk pertama kalinya menggelar kejuaraan balap melalui ajang simulator balap secara online Honda Racing Simulator Championship (HRSC) di Indonesia, dengan total hadiah mencapai Rp65 juta.

Communcation Strategy Manager PT HPM, Adhi Parama Sugarda mengungkapkan bahwa gelaran HRSC ini bukan karena adanya pandemi wabah virus corona di Indonesia, melainkan gelaran ini sudah direncanakan sejak lama.

"Balapan virtual ini hadir bukan berarti karena adanya pandemi, melainkan kita ingin mengajak semua orang untuk bisa merasakan menjadi pembalap bersama Honda. Dan rencana ini memang sudah lama kita inginkan. Namun, memang baru sekarang bisa dijalankan," ungkap Adhi Prama Sugarda dalam sebuah konferensi video pada Kamis.

Baca juga: NGK hadir dengan invoasi baru bagi Yamaha X-MAX dan Honda Vorza

Baca juga: Honda dirikan Hynex Mobility Service


Untuk kesuksesan acara ini, HPM menggandeng HM Engineering sebagai penyelenggara dan menggunakan program simulator balap Rfactor 2. Program tersebut merupakan salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara yang paling mendekati nyata.

Dalam kesempatan yang sama, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan kejuaraan HRSC ini sejalan dengan semangat ‘Everyone Can Race’ agar semakin banyak orang yang dapat menikmati ajang balap, bukan hanya di lintasan balap tetapi juga dari rumah masing-masing.

"Kami percaya ajang ini juga dapat menjadi wadah untuk para pembalap pemula dalam mengasah bakat dan menunjukkan prestasinya. Ajang ini semakin tepat digelar dalam kondisi menuju normal baru, dimana masyarakat semakin terbiasa menggunakan platform digital dalam melakukan berbagai aktivitas," kata Yusak Billy.

Kejuaraan HRSC ini mengusung konsep balap One Make Race (OMR), dimana setiap peserta menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version akan berlomba mengumpulkan poin di sepanjang 6 seri yang digelar di sirkuit virtual, terdiri dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zaandvoort dan Estoril.

Kejuaraan ini terbuka untuk umum dan pendaftaran sudah dibuka mulai 15 Juni sampai dengan 4 Juli 2020 pukul 13.00. Kompetisi sendiri akan berjalan mulai tanggal 4 Juli sampai 29 Agustus 2020 dan setiap serinya dapat disaksikan secara langsung melalui akun YouTube dan Facebook @hondaisme.

"Akan ada 60 peserta yang lolos ke tahap selanjutnya dan akan masuk ke salah satu dari dua kategori yang ada seperti kelas Professional dan Amateur yang masing-masing terdiri dari 30 peserta," kata Rama.

Untuk kelas Professional, juara pertama akan memperoleh hadiah sebesar Rp20 juta, diikuti juara kedua sebesar Rp10 juta, juara ketiga sebesar Rp8 juta, juara keempat sebesar Rp6,5 juta dan juara kelima sebesar Rp5,5 juta.

Sementara untuk kelas Amateur, juara pertama akan memperoleh hadiah sebanyak Rp5 juta, juara kedua sebanyak Rp4,5 juta, juara ketiga sebanyak Rp3 juta, juara keempat sebanyak Rp2 juta dan juara kelima sebanyak Rp1 juta.

Setiap peserta yang berminat mengikuti HRSC dapat mengunduh game “Rfactor 2” melalui laman https://store.steampowered.com/. Setelah itu, peserta dapat mengisi form pendaftaran di https://discord.gg/5C8KCdh dan wajib memenuhi beberapa syarat, diantaranya yaitu memiliki alat simulator, game “Rfactor 2” dan mempunyai akun di laman Steam.
​​​​​
Baca juga: Penjualan sepeda motor diprediksi turun sampai 45 persen

Baca juga: Honda servis gratis 2.226 mobil dokter

Baca juga: Honda selidiki dugaan serangan siber, incar operasional pabrik

 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020