Jakarta (ANTARA) - Polestar, pembuat kendaraan listrik premium milik China Geely, sedang merencanakan perluasan jaringan showroom di China untuk dapat bersaing dengan Tesla Inc.

Menurut perusahaan tersebut, kekuatan showroom menjadi kekuatan yang paling penting bagi pembuat kendaraan listrik (EV) di pasar mobil dan EV terbesar di dunia, saat mereka berbaris meluncurkan berbagai model baru.

Polestar, yang berencana mengirimkan sedan listrik Polestar 2 di China mulai Juli, saat ini baru hanya memiliki satu ruang pamer, di ibu kota Beijing. Rencananya mereka akan memiliki 20 ruang pamer, dengan sebagian besar dari mereka akan dibuka pada kuartal ketiga tahun ini.

Tidak seperti penjualan mobil melalui diler yang diandalkan oleh kebanyakan pembuat mobil tradisional, Polestar akan menjual langsung kepada pelanggan, sebuah strategi yang juga ditempuh oleh pembuat EV lainnya termasuk Tesla, Nio Inc dan Xpeng Motors, didukung oleh Alibaba.

Penjualan langsung ke pelanggan dapat membantu para pembuat mobil untuk mengelola harga eceran dan produksi serta inventarisnya dengan lebih baik. Namun, itu juga akan menambah biaya jika pembuat mobil ingin memiliki ruang pamer sendiri seperti Tesla.

"Dalam hal ini, Polestar akan bermitra dengan investor untuk membangun dan mengoperasikan ruang pamer sementara masih mengelola penjualan dan pengiriman mobil," kata sala seorang yang tidak ingin disebut identitasnya yang diktutip dari Reuters, Kamis.

Pembuat mobil, yang berbasis di Gothenburg, Swedia, akan mulai memproduksi sedan Polestar 2 awal tahun ini di China dan juga akan mengekspornya ke Eropa dan Amerika Serikat.

Polestar akan membuka ruang pamer pertama di Shanghai dan kemudian berkembang ke pesisir Ningbo, Tianjin utara dan Guangzhou selatan. Sebagian besar ruang pamer akan berada di pusat perbelanjaan.

Di China, Tesla memiliki lebih dari 50 ruang pamer. Nio saat ini mengoperasikan sekitar 110 ruang pamer, dengan beberapa properti milik mitra. Xpeng berencana memiliki lebih dari 200 gerai pada akhir tahun dan saat ini sudah tersedia sekitar 150, banyak dari mereka memiliki mitra bisnis.


Baca juga: Polestar hadirkan mobil listrik 1K untuk kejuaran Roborace

Baca juga: Polestar siapkan mobil listrik pesaing Tesla Model 3

Baca juga: Penjualan Tesla Model 3 anjlok di China

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020