Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), untuk ke-17 kalinya menggelar kembali Indonesia Technician Grand Prix 2020 yang merupakan ajang untuk memberikan penghargaan kepada mekanik handal dari Yamaha,

"Perubahan terjadi dengan sangat cepat, dan kita tidak bisa menghindari itu. Ekspektasi konsumen terhadap pelayanan di bengkel menjadi lebih tinggi. Reaksi Yamaha akan sangat menentukan bisnis ini ke depannya," kata GM After Sales and Motorsport PT YIMM M. Abidin pada kesempatananya di diler DDS, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa.

Acara yang diadakan selama dua tahun sekali tersebut akan menjadi ajang pembuktian kualitas teknisi-teknisi Yamaha di seluruh Indonesia.

Tema yang diangkat pada tahun 2020 adalah "We Are Connected" di mana PT YIMM berharap para teknisi mampu memberikan pelayan yang optimal dan akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan pelanggan.

"Adaptif dan reaktif sudah tidak relevan untuk kondisi sekarang. Kita harus kreatif dan berani berbeda agar dapat memenuhi keinginan dari konsumen. Oleh karenanya ITGP ini merupakan sebuah langkah bagi Yamaha Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas teknisi yang ada sehingga kepuasan konsumen sebagai prioritas utama dapat terpenuhi," kata dia.
 
Para mekanik sedang berlomba untuk dapat mengikuti ITGP 2020 tingkat Nasional. (Antara News/Chairul Rohman)



Seperti diketahui, ITGP merupakan kontes bagi para teknisi sepeda motor Yamaha Indonesia yang telah tersertifikasi melalui program Yamaha Technical Academy (YTA).

Dari hasil ITGP akan diambil juara nasional yang akan diikutsertakan di World Technician Grand Prix (WTGP) yaitu kontes teknisi Yamaha dari berbagai negara di seluruh dunia.

Untuk pelaksanaan ITGP ke-17 di tahun 2020 ini, teknisi-teknisi Yamaha di seluruh Indonesia telah selesai mengikuti seleksi yang sudah digelar pada bulan Oktober 2019 lalu.

Kini telah memasuki seleksi regional (daerah) yang dilaksanakan Februari - Maret 2020. Lalu di acara final ITGP nanti, para finalis akan bertanding dengan para juara se-Indonesia. Sebagai puncaknya, pada Oktober 2020 juara Indonesia akan bertanding di tingkat dunia yaitu WTGP di Jepang.

Dalam kesempatan ini, Mekanik asal Falgship Shop Jakarta, yakni Mareta Rudi. S berhasil mengalahkan 15 peserta regional daerah Jakarta dan sekaligus akan mewakili Jakarta untuk ikut serta dalam final ITGP tingkat Nasional 2020.

Berikut daftar teknisi Yamaha Indonesia yang berhasil pada kontes WTGP sebelumnya:
1. Dewa Putu Guna Wirawan, Juara 1 tahun 2007
2. Imam Djarot, Juara 3 tahun 2007
3. Sukrisna Beni, Juara 2 tahun 2012
4. Asep Sumpena, Juara 3 tahun 2014
5. Ardhi Sulistyo, Juara 2 tahun 2018


Baca juga: AHM uji keterampilan teknisi untuk ikuti kompetisi tingkat dunia

Baca juga: Cara HPM tingkatkan kualitas SDM karyawan

Baca juga: Mekanik asal Jember wakili Indonesia dalam Kompetisi Teknisi Yamaha di Jepang

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020