Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co dan afiliasinya siap untuk memutuskan lokasi pabrik sistem sel bahan bakar hidrogen baru tahun ini, pabrik baru itu bisa berlokasi di Korea Selatan atau di luar Korea Selatan.

"Nantinya, pabrik tersebut akan mampu memproduksi lebih dari 100.000 sistem sel bahan bakar, yang meliputi tumpukan sel bahan bakar dan unit kontrol daya setiap tahun dan akan mulai sekitar 2024," kata seorang eksekutif Hyundai Motor Group di divisi sel bahan bakar, Jeon Soon-il yang dikutip dari Reuters, Kamis.

Kendati demikian, pihak dari Hyundai masih enggan memberikan lokasi pasti untuk pabrik baru mereka yang akan memproduksi sel bahan bakar hidrogen tersebut.

Hyundai saat ini memang sedang gencar untuk mengkampanyekan penggunaan bahan bakar hidrogen. Salah satunya dengan menggandeng grup idola asal Korea Selatan, yakni Bangtan Boys pada sebuah proyek iklan berdurasi lima menit yang akan tayang di Time Square, Amerika Serikat.

"Sebuah pabrik baru di Chungju, Korea Selatan, yang mampu membuat sekitar 40.000 sistem per tahun akan siap pada akhir Juni. Hal itu sekitar dua setengah tahun lebih cepat dari jadwal," kata Jeon.

"Kapasitas produksi sistem sel bahan bakar Hyundai saat ini adalah sekitar 12.000 per tahun," tambah Jeon.

Seorang juru bicara untuk Hyundai Mobil, unit pembuat suku cadang Hyundai Motor Group yang membuat sistem sel bahan bakar, mengkonfirmasi bahwa kelompok tersebut sedang mempertimbangkan pabrik baru, tetapi rincian seperti lokasi belum diputuskan.

Baca juga: Hyundai dan Kia kembangkan sistem transmisi cerdas

Baca juga: Hyundai gandeng BTS dalam kampanye mencintai lingkungan

Baca juga: Hyundai akan ungkap EV konsep terbaru di Geneva Motor Show 2020

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020