Tangerang, Banten (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) tak menampik bahwa pasar otomotif sepanjang 2019 hingga awal tahun 2020 cenderung menurun, termasuk penjualannya di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Toyota pada Januari 2020 sebanyak 24.151 unit, turun dibandingkan Januari 2019 mencapai 25.090 unit.

Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmy Suwandi saat ditemui di sela-sela Astra Auto Fest 2020 di BSD City, Tangerang, Banten, Rabu, mengatakan ajang pameran otomotif pun merupakan salah satu strategi untuk mendongkrak penjualan.

"Saya rasa pameran seperti ini banyak sekali customer sangat senang dengan gathering, exhibition, karena di sini bisa langsung melihat beberapa produk," kata Anton.

Baca juga: Toyota segarkan Alphard-Vellfire dengan fitur keselamatan Safety Sense

Baca juga: Penjualan mobil Januari 2020 turun


"Kemudian selain mobil, dari produk jasa seperti insurance, leasing juga ada. Jadi konsumen bisa lebih cepat mengambil keputusan," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, ia menilai dengan adanya pameran dapat mendorong calon pembeli karena banyaknya variasi dan pilihan pembayaran yang mudah.

"Selama ini kalau kita tidak memberikan variasi dari produk dan layanan kadang-kadang keputusannya (konsumen) akan lebih lama dan akhirnya mungkin akan beli di tempat atau waktu yang lain," kata Anton.

Sementara itu, pameran otomotif tahunan Astra Auto Fest resmi dibuka pada mulai hari ini hingga 23 Februari di Astra Biz Center, BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Baca juga: Astra Auto Fest 2020 resmi dibuka, ada apa saja?

Baca juga: Mandiri Utama Finance targetkan pembiayaan Rp8,8 triliun

Baca juga: Astra Auto Fest 2020 bakal digelar di empat kota

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020