Jakarta (ANTARA) - Ford Puma tergolong kendaraaan yang baru saja diluncurkan oleh Ford, namun mobil berjenis SUV ini harus ditarik kembali (recall) di Inggris akibat adanya masalah yang terdapat pada kantung udara (airbag).

Ford menarik Puma dari pasaran akibat adanya kekhawatiran, bahwa salah satu kantung udara mungkin tidak tetap berada di tempat yang semestinya setelah digunakan dalam kecelakaan.

"Dalam kondisi tertentu adalah mungkin bahwa airbag tidak tetap berada di setir setelah dikerahkan," tulis Ford dalam pemberitahuan recall yang dikutip dari CarsCoops, Selasa.

"Kinerja airbag jika terjadi kecelakaan dengan penyebaran airbag masih akan memenuhi persyaratan peraturan dan memberikan perlindungan yang memadai bagi pengemudi. Meskipun kami yakin pemilik Puma saat ini akan senang mengetahui masalah airbag kendaraan bukan dari varietas Takata. Namun, mereka tetap harus menanggapi masalah ini dengan serius," tulis pemberitahuan itu

Ford telah menghentikan penjualan untuk Puma di diler sejak 7 Februari.

Sekitar sepertiga dari model Ford Puma yang terlibat dalam penarikan telah dikirim ke pembeli. Model yang terkena dampak dibangun antara November 2019 dan Januari 2020.

Ford akan mengganti pegas di dalam mekanisme airbag pada mobil secara gratis. Pembuat mobil itu mendorong pemilik untuk membawa Puma mereka ke diler setempat untuk memasang pegas baru.

Baca juga: New Ford Puma hadir di Australia akhir 2020

Baca juga: Ford mulai produksi Puma 2020 di Rumania

Baca juga: Ford Puma terbaru dibekali fitur Titanium X

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020