Jakarta (ANTARA) - Kementerian Transportasi Korea Selatan (Korsel) mengatakan ada tiga produsen otomotif yakni Mercedes Benz, Ford dan Hyudai harus menarik kemabali (recall) kendaraan mereka sebanyak 36.000 unit karena terdapat komponen yang rusak.

Kasus ini adalah yang terbaru dari serangkaian penarikan oleh masing-masing pembuat mobil yang sudah beroperasi di Korea Selatan karena terdapat masalah komponen kendaraan yang mereka pasarkan di sini.

"Hyundai, Mercedes-Benz dan Ford menarik sekitar 35.868 unit dalam tiga model di pusat layanan perbaikan dan penggantian yang ditunjuk mulai Kamis (30/1) waktu setempat," kata Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi, dikutip dari Yonhap, Jumat.

Penarikan kembali ini dikarenakan terdapat masalah kelistrikan yang disebabkan oleh papan sirkuit yang terdapat pada sedan Sonata Hyundai, pada Mercedes Benz karena adanya tekanan yang terlalu besar airbag sehingga dapat menyebabkan cedera pada pengemudi sedan C220 CDI.

Sedangkan pada kendaraan Ford, Kementerian setempat melihat adanya sensor pemantau baterai yang tidak dapat bekerja secara baik yang tertera pada kendaraan sedan Ford Mondeo.


Baca juga: Mazda Indonesia konfirmasi "recall" Mazda3

Baca juga: Toyota dan Honda tarik lebih 6 juta kendaraan di seluruh dunia

Baca juga: Rem otomatis tak terkendali, puluhan ribu Mazda3 ditarik

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020