Jakarta (ANTARA) - Hyundai telah merilis SUV teranyarnya, Venue 2020, di Miami, Florida, akhir pekan lalu, dengan sejumlah pembaruan, sedikit pada desain dan teknologi keselamatan Hyundai.

Sport Utility Vehicle yang diproduksi di Ulsan, Korea Selatan, ini memiliki tubuh kompak dengan profil samping menampilkan lengkungan roda volume penuh dan garis-garis karakter yang kuat, sedangkan gril depan berdesain khas Hyundai seperti yang ada pada Kona dan NEXO.

Tata letak lampu depan yang unik memisahkan lampu sein dan lampu depan dan memiliki fitur lampu LED premium sebagai opsional dengan lampu LED daylight running.

Venue baru ini juga bisa dilengkapi sunroof elektrik, karena fitur ini hanya opsi yang tentu dengan ada biaya tambahan.

Mobil ini memiliki velg berdiameter 15 inci sebagai standar, tapi ada opsi 17 inci jika pelanggan menginginkannya.

Interior Venue menawarkan kontrol intuitif dan desain yang berpikiran maju. Fitur kenyamanan yang tersedia seperti Dual USB, layar 3,5-inci TFT instrument cluster display untuk menampilkan informasi kendaraan, kamera spion dengan pedoman dinamis, kemampuan handsfree Bluetooth® dan kontrol suhu otomatis semuanya ditawarkan.

Baca juga: Hyundai bangun pabrik bernilai investasi Rp21 triliun
Interior Hyundai Venue 2020. (ANTARA/Hyundai)


Roda kemudi berbalut kulit memberikan kenyamanan setiap hari bagi pengemudi dan menambah kenyamanan, dengan kontrol audio dan kontrol jelajah yang mudah diakses.

Fitur kenyamanan interior tambahan yang tersedia termasuk kunci dengan tombol start, kursi depan dan kaca spion berpemanas.

Sistem infotainment Venue dilengkapi layar sentuh 8 inci dan kamera parkir. Perangkat berlayar 8 inci itu sudah mendukung Apple CarPlay ™ dan Android Auto ™, untuk operasi intuitif fungsi smartphone yang paling umum digunakan, termasuk navigasi berbasis aplikasi, streaming audio, dan kemampuan pencarian yang dikontrol suara sebagai standar.

Ruang bagasi Venue 2020 dilengkapi penutup kargo belakang untuk privasi tambahan yang dapat disimpan dengan nyaman saat tidak digunakan. Fitur lantai kargo dua tingkat memberikan fleksibilitas untuk mengakomodasi lebih banyak kargo.

Beberapa fitur keselamatan Venue 2020, meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang menggunakan kamera depan untuk membantu mendeteksi tabrakan.

Kemudian, Lane Keeping Assist (LKA) yang membantu pengemudi tetap berada di jalurnya di jalan raya.

Blind-Spot Collision Warning (BCW) membantu mendeteksi kendaraan yang mendekat yang mungkin tidak terlihat selama berkendara di jalan raya (opsional).

Sistem Driver Attention Warning (DAW) memantau spektrum karakteristik terkait pengemudi untuk membantu mendeteksi keletihan pengemudi atau mengemudi sembarangan.

Selain tersedia sensor pendeteksi kendaraan lain yang kemungkinan melintas di belakangnya sebagai opsi, Venue 2020 juga ditambahkan mode berkendara di jalan bersalju.

Satu lagi fitur canggih Venue 2020 adalah integrasi Blue Link® dengan Amazon Alexa ™ dan Google Assistant ™. Integrasi ini bekerja hanya dengan meminta Alexa atau perangkat yang mendukung Google Assistant, seperti Amazon Echo ™ atau Google Home.

Perintah suara akan dikirim ke kendaraan Hyundai hanya setelah Alexa atau Beranda Google meminta pemilik memasukkan Personal Identification Number (PIN).

Blue Link juga menghadirkan konektivitas langsung ke dalam mobil dengan teknologi seperti Remote Start dengan Kontrol Iklim, Remote Door Lock / Unlock, Car Finder, Enhanced Roadside Assistance dan Stolen Vehicle Recovery.

Baca juga: Hyundai bocorkan tampilan sedan Grandeur

Mesin dan konsumsi bensin

Efisiensi bahan bakar adalah pertimbangan pembelian teratas, dan Venue memenuhi kebutuhan ini melalui mesin Smartstream 1.6 liter, Dual Port Injection (DPI) empat silinder baru dengan Continuously Variable Valve Timing (CVVT).

Mesin itu menghasilkan 121 tenaga kuda pada 6.300 rpm dan 113 lb.-ft. torsi pada rpm 4.500.

Injeksi bahan bakar mesin DPI terjadi pada awal langkah intake untuk mengurangi pembasahan dinding silinder, meningkatkan penghematan bahan bakar, dan mengurangi emisi.

Venue 2020 tersedia dalam pilihan bertransmisi manual dan Automatic Variable Transmission (IVT) Hyundai.

Berdasarkan uji Enviromental Protection Agency (EPA) AS, Venue 2020 mengonsumsi bahan bakar 32 mil per per galon/Mpg (13,6 km/liter) untuk yang bertransmisi matik dan 30 Mpg atau 12,7 km/liter untuk versi manual.

Hyundai Venue 2020 dipasarkan mulai 17.350 dolar AS atau sekitar Rp237 juta, demikian mengutip pernyataan resmi Hyundai, Senin.

Baca juga: Hyundai buka pemesanan sedan Aura, pesaing Honda Amaze

Baca juga: Hyundai luncurkan kendaraaan konsep SUV Vision T

Baca juga: Hyundai akan kirim 1.200 Sonata hybrid ke Dubai

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020