Jakarta (ANTARA) - Pemilik mobil harus memperhatikan sejumlah komponen, terutama pada musim hujan, agar mobil tetap prima digunakan di cuaca hujan seperti awal tahun ini.

Product Expert Astra Isuzu Indonesia, Totok Giyanto menjelaskan bahwa beberapa komponen yang harus selalu diperhatikan adalah ban dan wiper.

"Yang utama adalah yang berhubungan langsung dengan hujan. Pemilik mobil harus memastikan wiper dan washer-nya berfungsi dengan baik, setelah itu ban yang gundul sudah wajib diganti oleh pemilik," ungkap Totok Giyanto saat dihubungi Antara, Kamis.

Komponen lain yang harus diperhatikan adalah seal pintu dan kaca depan diharuskan bebas jamur.

"Cek kerapatan seal-seal pintu. Kaca depan juga harus dibersihkan dari jamur supaya saat disapu wiper bisa maksimal penglihatan tanpa terganggu jamur," kata Totok

Baca juga: Perlukah membilas mobil setelah terkena hujan?

Baca juga: Yang harus dilakukan jika mobil "matic" terendam banjir


Totok menyarankan pemilik kendaraan harus memperhatikan bagian kelistikan.

"Cek soket-soket kelistrikan pastikan seal-nya bagus. Terutama kelistrikan yang berhubungan dengan mesin, pastikan kabel-kabel busi, kabel ECU, kabel injector kondisi isolator airnya masih bagus." jelas dia

Selain itu, pemilik mobil juga harus memastikan lampu utama bekerja maksimal, dan mempersiapkan peralatan pribadi di dalam mobil, mulai dari payung hingga sandal untuk keperluan mendadak.

"Cek juga seal head lamp jangan sampai kemasukan air, jika memang diperlukan, pemilik harus perbaiki lampu kabut jika ada kerusakan atau bahkan mati," tutur dia.

Baca juga: BMW Astra sediakan layanan jemput kendaraan terkena banjir

Baca juga: Tips kendarai mobil di saat banjir

Baca juga: Mobil terendam air, lakukan tiga hal penting ini

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020