Jakarta (ANTARA) - Sepeda motor kini menjadi kebutuhan untuk menemani mobilitas sehari-hari masyarakat, terutama kendaraan roda dua berjenis kelamis skuter otomatis (skutik) yang praktis digunakan.

Skutik menjadi alat transportasi yang dirasa sangat pas jika digunakan di kota-kota besar, hingga di daerah, yang memicu para produsen otomotif roda dua berlomba-lomba menawarkan ragam produk.

Sepanjang 2019 banyak produsen meluncurkan skutik, berikut ulasan singkatnya:

Lambretta V-Special
 
Model berpose di dekat motor Lambretta V200 Special saat pemeran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Pameran kendaraan roda dua yang diikuti belasan merek sepeda motor dan sejumlah bengkel modifikasi itu digelar 29 November - 1 Desember 2019. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Produsen kendaraan skuter metik asal Italia, Lambretta pada April meluncurkan Lambretta V-Special yang memiliki desain frame tubular dan posisi mesin yang selaras dengan sasis. Mesin diletakkan di bagian tengah untuk menjaga kestabilan skuter.

Lambretta seri ini memiliki desain body yang khas, yaitu sedikit kotak didukung dengan Iampu LED heksagonal. Lambretta V-Special mempertahankan desain velg yang ikonik khas skuter asal Italia.

Untuk dapur pacunya kendaraan ini memiliki dua varian, yaitu berkapasitas 169 cc satu-silinder, 4-tak dan pendingin udara untuk V200. Sedangkan untuk V125 Lambreta menjejali mesin satu silinder, 3-valve, 124,7 cc berpendingin cairan.

Dari segi kemanan terdapat juga suspensi teleskopik atas dan dua suspensi di belakang, serta rem cakram 226 mm (depan) dan 220 mm (belakang) pada pelek 12 inci. Tak hanya itu, motor ini juga sudah menggunakan teknologi ABS yang lebih aman.

Baca juga: Lambretta perkenalkan skuter konsep terbaru di EICMA 2019

Baca juga: Tiga skuter matic berdesain klasik, pilih yang mana?
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019