Jakarta (ANTARA) - Kemarin Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Desa Pa'Api, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

Uniknya, untuk menuju lokasi proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang ada di perbatasan Indonesia-Malaysia itu, Jokowi mengendarai motor custom jenis Bobber melewati jalanan terjal tak teraspal.

Jokowi mengendarai motor yang memiliki tubuh asli Kawasaki W175. 
 
Presiden Joko Widodo (tengah) melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019).  ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.

Baca juga: Jokowi tunggangi tracker Kawasaki W175 ke Jalan Braga Bandung

Motor mengalami perubahan gaya dengan roda-roda yang besar yang memang menjadi ciri khas dari motor custom Bobber style dengan ban "donat" yang memiliki ukuran besar.

Sebelum dimodifikasi menjadi style Bobber, motor ini memiliki gaya cafe racer.

Namun pada beberapa bulan terakhir memang Jokowi merombak motor itu menjadi style Bobber seperti yang diperlihatkan oleh sang insinyur motor ini, yakni Atenk di kanal YouTube miliknya.

Pada bagian kaki-kaki, motor ini belum banyak berubah, masih menggunakan fork upside down yang membuat tampilan semakin gagah dan berkarakter. 
 
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) berbincang dengan petani padi Adan di Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.

Baca juga: Motor terbaru Jokowi dibuat dua bulan

Jika dilihat sekilas, motor ini menggunakan ban Shinko 270 Super Classic baik depan maupun belakang, stang juga sudah diubah dengan menggunakan flat bar yang sebelumnya menggunakan stang yang bergaya tinggi yang menyesuaikan gaya.

Meski demikian, penggunaan ban jenis itu dinilai tidak sesuai dengan kontur jalan yang terjal dan berbatu. Bahkan, jika dilihat sekilas, motor Kawasaki W175 Bobber yang dikendarai Jokowi tampak tidak memiliki shock belakang. 

Nyatanya, Atenk mengganti rangka Kawasaki W175 ini dengan konstruksi yang rigid. Sadel dari motor ini juga sudah diubah dengan desain yang ceruk ke dalam, pada bagian spatbor motor terlihat sekali hampir tidak ada jarak dengan ban yang memang sangat lebar tapaknya.
 
Presiden Joko Widodo melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019).  (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Kendati demikian, pada bagian tubuh motor ini masih menggunakan konsep yang lama, yakni masih menggunakan tangki berkelir hijau. Hanya saja pada bagian depan, motor ini sudah menggunakan lampu LED yang dibalut dengan plat sehingga semakin memperkokoh penampilan klasik.

Bukan hanya kali ini saja Jokowi mengendarai motor custom buatan anak bangsa dalam berbagai kesempatan kunjungan kerja.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengendarai motor bergaya chopper dengan basis dari Royal Enfield Bullet 350 besutan Elders Garage dan Kickass Choppers.



Baca juga: Jajal Kawasaki W175 TR di jalan aspal dan tanah

Baca juga: Jokowi jajal trek jalan perbatasan Nunukan tunggangi motor

Baca juga: Presiden Jokowi keliling Kota Tagerang

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019