Jakarta (ANTARA) - Proyek "Milenial Islami" Indika Foundation dari Indonesia menyabet posisi pertama dalam program BMW Group-UNAOC Intercultural Innovation Award, melalui seleksi yang diikuti lebih 1.200 peserta dari 128 negara.

"Milenial Islami" terpilih sebagai salah satu, dari sepuluh inisiatif akar rumput global untuk menerima penghargaan prestisius yang diprakarsai BMW Group dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Aliansi Peradaban (UNAOC).

Indika Foundation menerima penghargaan tertinggi program itu pada malam penghargaan di Royal Theatre di Madrid, Spanyol pada Rabu (11/12), di depan perwakilan sektor publik dan swasta, masyarakat sipil dan media.

Upacara tersebut dipimpin Perwakilan Tinggi untuk UNAOC dan mantan Menteri Luar Negeri Spanyol, HE Miguel Ángel Moratinos, dan Bill McAndrews, Vice President Market Communications, BMW Group.

"Ketika Intercultural Innovation Award memasuki tahun keenamnya, UNAOC dan BMW Group terus berkolaborasi untuk meningkatkan karya para inovator dalam bidang sosial," ungkap Miguel Ángel Moratinos dilansir keterangan tertulis BMW Indonesia, Kamis.

"Dalam konteks global saat ini, ditandai dengan konflik yang kompleks, organisasi masyarakat sipil memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perilaku individu dan menumbuhkan nilai-nilai perdamaian dan inklusi, dan oleh karena itu pada akhirnya mereka akan memainkan peran penting dalam mempromosikan nilai-nilai ini di komunitas mereka," kata dia.

Bill McAndrews mengatakan, melalui Intercultural Innovation Award, masyarakat dapat merayakan dan menghargai inisiatif luar biasa yang diterapkan oleh individu atau organisasi yang luar biasa.

"Mereka berupaya menjembatani perpecahan antar golongan dengan cara yang tepat dan inovatif. Kami di BMW Group percaya bahwa keragaman tidak hanya berdampak positif bagi perusahaan kami, tetapi juga menjadi fondasi dasar kesuksesan kami," kata dia.

"Kolaborasi ini dan penghargaan inovasi antar budaya memungkinkan kita untuk mengenali beberapa inisiatif lintas budaya yang luar biasa yang dilakukan di seluruh dunia,” ujar Bill McAndrews.

Milenial Islami

Proyek “Milenial Islami” Indika Foundation melibatkan para pemimpin berbagai agama dalam diskusi publik, baik online maupun offline, untuk mempromosikan dialog antaragama dan hidup berdampingan secara damai.

“Menerima Intercultural Innovation Award dari BMW Group dan UNAOC menunjukkan bahwa apa yang kita lakukan itu penting, dan mendorong kita untuk terus memberikan yang terbaik dalam membagikan nilai-nilai perdamaian,” kata Direktur Milenial Islami Ronny Pitojo.

“Penghargaan ini mengingatkan bahwa kita berada di jalur yang benar, dan memberi kita kekuatan ekstra untuk terus berjuang,” tambah Direktur Pelaksana Milenial Islami Ayu Kartika Dewi.

Proyek "Milenial Islami" Indika mencakup "Tur Keragaman," yang terdiri dari kunjungan ke berbagai rumah ibadah dan diskusi interaktif dengan para pemimpin agama.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mencegah dan melawan kebencian dengan mempromosikan hidup berdampingan secara damai, baik online maupun offline.


Baca juga: Luhut undang BMW buka pabrik mobil listrik di Indonesia

Baca juga: BMW pesan sel baterai senilai lebih dari 10 miliar euro

Baca juga: BMW Korea siapkan 530e PHEV
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019