Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Republik Indonesia Arilangga Hartarto berharap penyelenggaraan pameran modifikasi kendaraan dan suku cadang Indonesia Modification Expo (IMX) yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, dapat meningkatkan minat antusiasme para penggemar otomotif, terutama anak muda.

"(Pameran) itu bisa meningkatkan antusiasme penggemar mobil dan juga tadi mengapresiasi anak-anak muda yang membuat desain yang sifatnya fungsional untuk AMMdes," ujar Airlangga dalam pembukaan IMX 2019 di Jakarta, Sabtu.

Pameran modifikasi dan suku cadang terbesar di Indonesia itu bertujuan menggerakkan industri modifikasi otomotif Indonesia sehingga bisa menjadi komoditas ekspor.

"Kami berharap semakin banyak merek-merek lokal yang percaya diri menampilkan produknya. Selain itu, semoga pelaku modifikasi Tanah Air akan semakin terasah kemampuannya dalam soal kualitas dan tingkat keamanan yang memenuhi standar internasional. Pada gilirannya nanti, modifikasi Indonesia bisa menjadi komoditas ekspor yang menguntungkan," katanya.

Baca juga: Honda bawa dua mobil modifikasi di IMX 2019,

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mendukung IMX sebagai salah satu pendorong perkembangan industri otomotif Tanah Air.

Melalui penyelenggaraan kegiatan AMMDes Digimodz yang dihelat beberapa waktu lalu, Kemenperin RI dan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen kendaraan AMMDes menunjuk IMX sebagai lokasi pengumuman sekaligus memamerkan karya pemenang dari kompetisi modifikasi digital tersebut.

Karya AMMDes dengan konsep mini mixer truck buatan Dandung Prasojo dari Banyuwangi, Jawa Timur telah dipilih juri sebagai pemenang kompetisi AMMDes Digimodz.

Baca juga: IMX 2019 ingin pecahkan rekor MURI

Konsep tersebut dinilai kuat dan bisa sangat berguna jika dikembangkan pada AMMDes untuk pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan dengan kawasan yang tak mungkin dimasuki truk pengaduk beton yang berukuran besar.

"Tadi yang saya lihat, AMMdes ada yang untuk ambulan, untuk pemadam kebakaran, ada yang untuk search and rescue, semen mix. Menurut saya, anak-anak mudanya benar-benar muda, masih SMA sudah bisa menginspirasi dan salah satu pemenangnya prototipe-nya dibangun oleh industrinya. Tentunya itu akan mendorong talenta-talenta kita untuk berkreasi," ujar Airlangga.

IMX berlangsung selama dua hari yakni 28-29 September di Balai Kartini, Jakarta. Pengunjung dapat menemukan berbagai macam produk seperti busi, karpet mobil, sticker, car cover, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai car detailing.

Baca juga: IMX 2019 digelar akhir September, ada tema baru dan ragam modifikasi

Pewarta: KR-MAR
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019