Jakarta (ANTARA News) - Merek kendaraan niaga asal Jepang, UD Trucks, sedang melakukan riset dan pengembangan untuk penggunaan bahan bakar biodiesel 30 persen atau B30.

CEO PT Astra International, UD Trucks Sales Operations, Aloysius Chrisnoadhi, mengatakan implementasi B20 yang dijalankan pada tahun ini oleh pemerintah ternyata berjalan lancar untuk kendaraan UD Trucks, sehingga perusahaan itu mengambil langkah untuk menyiapkan B30.

"Kaitan B20 untuk UD Trucks, sebenarnya sebelum ada B20 pun kami sudah prepare," kata Aloysius Chrisnoadhi di Jakarta, Selasa (18/12).

"Dan sejauh ini tidak ada masalah asalkan pergantian (filter) tepat waktu. Dan tidak ada efek pada commonrail, sehingga tidak ada keraguan di sana," katanya.

Aloysius mengatakan, "Malah sekarang beranjak untuk penelitian menyongsong B30. B30 dalam pengembangan."

Baca juga: Perlunya memiliki sopir andal bagi perusahaan transportasi

UD Trucks, kata Aloysius, mengembangan penggunaan bahan bakar B30 berdasarkan pengalaman menerapkan B20.

"Kami sudah menyiapkan improvement itu sejak beberapa waktu lalu, dan sudah berjalan," kata dia.

Terkait rencana penerapan bahan bakar berstandar EURO 4 untuk mesin diesel di Indonesia pada 2021, Aloysius menjelaskan bahwa secara umum perusahaannya juga bersiap menuju ke tahap itu, kendati saat ini masih menggunakan EURO 3.

"Tapi secara umum, produsen menginginkan sampai ke EURO 4. Kami juga punya tanggung jawab lingkungan di sana. Dengan adanya EURO 4 kami bersyukur," pungkas dia.

Baca juga: Empat amunisi UD Trucks bidik sektor logistik Indonesia

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018