Jakarta (ANTARA News) - Toyota Innova dan Fortuner dengan varian diesel diklaim tetap handal dan tidak mengalami masalah dengan menggunakan biodiesel 20 atau B20 yang sedang digalakkan pemerintah untuk diperluas penggunaannya.

“Semua produk Toyota (yang bermesin diesel) siap dengan B20,” kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam ketika ditemui di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Tangerang, Banten.

Ia mengatakan Toyota sejak 2015 telah melakukan serangkaian test terhadap kemampuan mesin dieselnya dalam menggunakan bahan bakar B20.

“Kami sudah melakukan pengujian penggunaan B20, bukan sekedar dukungan politik saja,” ujar Bob.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo minta dukungan industri otomotif dalam rangka memperluas penggunaan B20 bagi kendaraan penumpang maupun komersial yang non-PSO (public service obligation) untuk mengurangi impor minyak mentah.

Baca juga: Jokowi minta industri otomotif dukung penerapan biodiesel 20 persen

Bob mengatakan test mengendarai Innova dan Fortuner sepanjang 100 ribu kilometer telah dilakukan Toyota bekerjasama dengan Pertamina.

“Sejauh ini tidak ada masalah, efisiensinya sama (dengan solar),” kata Bob.

Diakuinya, pada pemakaian pertama B20 untuk tangki lama yang sebelumnya menggunakan bahan bakar fosil, memang ada efek penggantian saringan (filter) lebih cepat, karena B20 akan melarutkan kerak-kerak pada tangki.

“Sekali saja ganti, setelah itu semua normal, tidak ada pergantian lebih cepat,” katanya menanggapi ada kekhawatiran mobil diesel dengan penggunaan B20 akan membuat penggantian saringan BBM lebih cepat dari biasanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya tidak memberi garansi atau jaminan berbeda terhadap kendaraan diesel Toyota yang menggunakan solar maupun Biodiesel.

TMMIN memproduksi kendaraan serbaguna (MPV) medium Toyota Innova dan kendaraan sport (SUV) Fortuner yang tidak hanya untuk varian bensin tapi juga diesel baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Ada 4 varian Toyota Innova diesel yang dipasarkan di Indonesia dengan mengusung mesin 2.400 cc yaitu tipe G dengan transmisi manual dan otomatik, serta tipe V dengan manual dan matik.  Selain itu dengan platform mesin yang sama ada Fortuner 4x2  dan 4x4 tipe VRZ   dan G.

Baca juga: Produksi Toyota Kijang tembus dua juta unit



 

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018