Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Corp pada Rabu (12/12) mengatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk mengganti airbag Takata untuk sekitar 65 ribu kendaraan Toyota dan Lexus di Amerika Serikat yang sebelumnya telah diganti.

Dilansir Reuters, Kamis, anak perusahaan produsen mobil Jepang itu mengatakan penarikan tersebut diumumkan satu tahun lebih awal dari timeline pada Desember 2019.

Mekanisme penarikan akan melibatkan penggantian airbag Takata yang sebelumnya ditarik dan diganti, dengan airbag non-Takata. Proses tersebut dilakukan tanpa biaya.

Baca juga: Masalah airbag, Kia tarik 507.000 kendaraan di AS

Baca juga: Toyota tarik 700.000 kendaraan di Afrika Selatan


Penarikan kembali yang dilakukan berdampak kepada sejumlah kendaraan, antara lain Toyota Corolla, Sequoia, Tundra dan Lexus yang dibuat antara tahun 2002 dan 2005.

Takata dan entitasnya di AS, TK Holdings Inc, mengajukan kebangkrutan pada Juni tahun lalu setelah menarik lebih dari 100 juta inflators kantong udara di seluruh dunia.

Penarikan itu dilakukan lantaran inflator kantong udara tersebut dapat mengembang terlalu kuat dan menyemprotkan potongan-potongan logam.

Baca juga: Masalah airbag, Audi "recall" A6 di Vietnam

Baca juga: Honda Indonesia "recall" 17.286 Jazz dan Freed terkait airbag

 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018