Jakarta (ANTARA News) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia, menyambut positif langkah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI) meresmikan dua stasiun pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia.

BPPT hari ini meresmikan dua fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia, yakni stasiun pengisian daya cepat (fast charging station) 50 kW di gedung BPPT Jakarta, dan stasiun pengisian daya "pintar" (smart charging station) 20 kW di Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan.

"Mitsubishi Motors turut berpartisipasi dalam proses sosialisasi dan studi bersama terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia," ucap Director of Coordination & Development Division PT. MMKSI, Ogi Ikematsu di Jakarta, Rabu.

Dalam peresmian itu, dua model kendaraan listrik Mitsubishi, i-MiEV dan Outlander PHEV turut berpartisipasi sebagai model kendaraan penumpang yang didemonstrasikan dalam pengisian daya kendaraan listrik, bersama dengan model kendaraan listrik lainnya, seperti bus listrik, sepeda motor listrik, dan sepeda listrik.
 
Mitsubishi i-MiEV (ANTARA News/HO)


Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah yang mempercepat pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, Mitsubishi juga telah mendonasikan 2 unit i-MiEV dan 8 unit Outlander PHEV, serta 4 unit fasilitas pengisian daya cepat kepada pemerintah melalui Kementerian Perindustrian.

Baca juga: Mitsubishi Motors serahkan 10 kendaraan listrik untuk Indonesia

"Di mana Mitsubishi I-MiEV sebagai salah satu kendaraan tersebut diterima oleh BPPT dan berpartisipasi dalam acara (peresmian) ini," ucap Ogi.

Kendaraan-kendaraan itu akan disertakan dalam serangkaian studi pemodelan tentang bagaimana infrastruktur transportasi yang ada di Indonesia saat ini dapat mengakomodasi kendaraan listrik. 

Termasuk menilai penggunaan kendaraan listrik di berbagai lingkungan, seperti kawasan perkotaan, wisata dan pulau terpencil.

Rangkaian peresmian fasilitas pengisian daya cepat yang dilakukan BPPT dilanjutkan dengan road trip kendaraan listrik yang melibatkan peserta yang merupakan pengguna kendaraan listrik dan juga merek otomotif produsen kendaraan listrik dengan rute kantor BPPT Jakarta yang terletak di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat menuju fasilitas pengisian daya kendaraan listrik yang terletak di gedung B2TKE-BPPT di Serpong, Tangerang.

Baca juga: Beda penggunaan mobil listrik Mitsubishi dan Toyota dalam studi Kemenperin

Baca juga: Soal arah kebijakan mobil listrik di Indonesia, Mitsubishi yakini PHEV teknologi paling pas

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018