Jakarta (ANTARA news) - Hyundai Motor Group berencana untuk membangun jalur tes lurus terpanjang di Korea Selatan, tepatnya di Seosan, Provinsi Chungcheong Selatan, kata pejabat dari produsen mobil itu, Selasa (13/11).

Dilansir Yonhap, Rabu, konglomerat yang memiliki Hyundai Motor Co dan Kia Motors Corp tersebut, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengambil langkah-langkah administratif untuk membangun jalur tes baru di dalam zona penelitian khusus di Seosan, 150 kilometer di selatan Seoul.

Kelompok produsen mobil itu mengatakan rentang lurus dari lintasan akan sejauh 3,5 kilometer, membuatnya menjadi yang terpanjang untuk fasilitas seperti itu. Bila termasuk kurva dan sudut, sirkuit akan memiliki rentang jarak mencapai 10 kilometer, tambah perusahaan itu.

Hyundai Motor Group akan menginvestasikan sebesar 230 miliar won (202 juta dolar AS) untuk fasilitas baru tersebut. Konstruksi akan dimulai pada awal tahun depan dan proses pengerjaan diperkirakan akan memakan waktu selama 27 bulan.

Baca juga: SUV flagship terbaru Hyundai bernama Palisade

Baca juga: Hyundai investasi 250 juta dolar AS di Grab


Keberadaan jalur tes berlintasan lurus memungkinkan Hyundai Motor Group untuk menguji produk mereka secara efektif, termasuk mengenai percepatan dan efisiensi bahan bakar.

Kelompok tersebut juga mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menguji mobil Hyundai, mobil-mobil berkinerja tinggi Kia, dan kendaraan ramah lingkungan di lintasan tersebut. 

Fasilitas baru itu akan membantu perusahaan meningkatkan kemampuan riset dan pengembangan mobil-mobil yang diproduksi.

Hyundai Motor Group saat ini memiliki jalur uji di pusat R&D di Namyang, pabrik Ulsan milik Hyundai dan pabrik Hwaseong milik Kia.

Baca juga: Model Genesis Hyundai terjual 200.000 unit dalam pasar global

Baca juga: Hyundai Santa Fe dan Accent raih rating tertinggi uji tabrakan

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018