Bangkok (ANTARA News) - Mitsubishi Motors akhirnya memperkenalkan generasi baru dari truk pikap New Triton/L200 di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11), dengan fitur yang disebut meningkatkan performa, fungsionalitas, ketahanan, keamanan hingga kenyamanan pengguna. 

Dengan desain baru yang membuatnya tampak lebih gagah, pikap Mitsubishi ini menawarkan banyak pembaruan demi menarik pengguna yang memakainya, tak hanya untuk kebutuhan komersial, tapi juga kebutuhan pribadi.

"Rancangan kami dimulai dengan survey terhadap pelanggan pikap di Thailand dan seluruh dunia, dari profesional sampai keluarga," kata Tsunehiro Kunimoto, CVP of Design, saat peluncuran di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11).

"Kami bertanya pada mereka apa yang ingin dihadirkan pada pikap. Jawabannya adalah Tough, Rugged, Stable, dan Dynamic. Riset juga menunjukkan pelanggan dari seluruh dunia ingin fungsionalitas Triton memenuhi kebutuhan mereka."
 
Mitsubishi New Triton di peluncuran global Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


1. Desain baru dengan konsep lebih gagah

Generasi keenam Triton ini mengusung konsep “Rock Solid”, pengembangan dari “Engineered Beyond Tough”, ketangguhan yang sepenuhnya didukung oleh kecakapan dan keterampilan teknik.

Penampilan di bagian depan menggabungkan generasi baru konsep desain muka “Dynamic Shield”. Pada generasi baru ini, garis kap mesin lebih tinggi, begitu juga dengan posisi lampu. Bodi baru di mobil ini memiliki lekuk pahatan dengan garis tajam yang kontras, flare roda juga diperpanjang. 

Kesan modern muncul dari aksen cerah yang menghiasi bodi. Bagian pencahayaan dan bumper menjadi bagian dari desain yang tangguh, membingkai desain depan dan belakang dan menambah lebar visual.

Bagian dalam Triton yang dibungkus kembali mengungkapkan perasaan modern dan kuat dengan bingkai sekitarnya untuk panel saklar dan saluran udara. 

Tampilan berkualitas tinggi dibuat dengan bahan pad lunak dan jahitan di konsol lantai, sandaran lengan dan rem parkir. Pad lunak disematkan pada bagian-bagian yang biasa disentuh pengguna untuk membuat tampilan dalamnya terasa lebih nyaman.
 
Mitsubishi New Triton di peluncuran global Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


2. Sistem penggerak empat roda (4WD) yang sudah disempurnakan

New Triton dirancang agar lebih baik di performa off-road dalam berbagai kondisi.

Mobil ini dilengkapi Super-Select 4WD, memberikan traksi optimal dan karakteristik handling untuk setiap permukaan tertentu atau fitur Easy-Select 4WD, yang menyederhanakan perpindahan antara mode berkendara untuk permukaan jalan yang berbeda.

Mode Off-road baru dengan pilihan jalan berkerikil, lumpur/salju, pasir dan jalan berbatu (hanya pada 4LLc) secara integral mengontrol tenaga mesin, transmisi dan pengereman untuk mengatur jumlah slip roda dan dengan demikian memaksimalkan performa di semua medan dan kemampuan ekstraksi di lumpur atau salju.

New Triton juga dilengkapi Hill Descent Control, di mana kecepatan kendaraan dikontrol secara elektrik yang memungkinkan pengemudi berhadapan dengan lereng curam atau licin lebih aman. Ketika meluncur di jalan curam, mobil bisa bergerak dalam laju yang sama sehingga mobil bisa lebih terkontrol.
 
Mitsubishi New Triton di peluncuran global Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


3. Sistem keamanan aktif atau bantuan pengendara

Dari segi keamanan, pikap New Triton yang akan hadir di Indonesia pada 2019 ini dilengkapi dengan forward collision mitigation yang dapat mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki di depan.

Ada juga Blind Spot Warning (BSW dengan LCA) yang dapat membantu menghindari tabrakan kendaraan lain ketika berpindah jalur dengan mendeteksi kendaraan di belakang atau di kuartal belakang dan memperingatkan pengemudi dengan suara peringatan dan lampu berkedip di kaca spion pintu.

Selain itu, tersedia fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dengan cara yang sama membantu menghindari tabrakan ketika melakukan putar balik serta Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS) yang mengurangi kecelakaan dari penggunaan akselerator yang tidak tepat saat bergerak atau mundur di tempat parkir dan ruang terbatas lainnya.

Pengemudi juga bakal terbantu berkat Multi Around Monitor yang menghasilkan gambar pandangan mata burung dari area di sekitar kendaraan, dan Sensor Parkir.

 
Mitsubishi New Triton di peluncuran global Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


4.  Performa dan fungsionalitas truk pikap

Fitur-fitur New TRITON/L200 memiliki banyak peningkatan detail dengan kata kunci pengembangan “Engineered Beyond Tough” untuk durabilitas dan keandalan yang dicari oleh pengguna dengan tujuan komersil serta kenyamanan yang diinginkan pengguna pribadi.  

Performa pengereman dan perasaan ditingkatkan dengan penggunaan cakram depan yang lebih besar dan kaliper piston. Selain itu, pengendaraan meningkat dengan penggunaan damper belakang yang lebih besar yang berisi lebih banyak oli damping. Akselerasi pun jadi lebih halus dan lebih kuat berkat pergantian ke transmisi otomatis 6-kecepatan dari transmisi otomatis 5-kecepatan 5-speed.
 
Varian warna Mitsubishi New Triton di peluncuran global Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


5. Kepraktisan

Pada mobil ini, pengguna dimudahkan berkat Automatic High Beam (AHB) di mana lampu jauh otomatis menyala ketika jalanan depan lengang dan otomatis mati ketika mendeteksi ada kendaraan yang mendekat di depannya.

Tersedia dua USB port di bagian belakang menghadap kursi penumpang serta ceruk untuk menaruh handphone saat mengisi daya lewat USB.

Hadirnya pegangan tangan di bagian dalam pintu mobil belakang mempermudah penumpang saat keluar masuk kendaraan. Juga tersedia sirkulator udara di bagian belakang mobil yang membuat semua penumpang merasa nyaman dengan udara sejuk dalam kendaraan.

Ada empat warna baru yang menambah varian New Triton, yakni White Diamond, Graphite Gray, Passion Orange dan Red Solid yang melengkapi pilihan sebelumnya seperti White Solid, Silver Metallic, Black Mica, Blue Metallic dan Brown Metallic.

New Triton yang akan dipasarkan di 150 negara mulai dijual di Thailand pada 17 November dan rencananya mulai hadir di Indonesia pada 2019. 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018