Jakarta (ANTARA News) - Toyota-Astra Motor (TAM) menyiapkan bantuan untuk pemulihan masyarakat di Kota Palu dan sekitarnya yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami yang terjadi akhir September 2018.

"Sebagai wujud empati, sejak awal kami sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa kebutuhan dasar seperti makanan, minuman dan layanan kesehatan untuk segera mengurangi beban yang pasti dirasakan berat oleh masyarakat yang terkena dampak bencana ini. Tahap berikutnya, kami segera menyiapkan bantuan untuk pemulihan," kata Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Melalui bantuan tanggap darurat, TAM yang sebelumnya bekerja sama melalui diler di Kota Palu telah membangun tenda besar di halaman dua diler Toyota guna menampung pengungsi dan sekaligus menyalurkan kebutuhan makanan, air bersih, tenaga dokter dan perawat, sebelum memasuki program pemulihan pascabencana.  

Sejauh ini TAM telah tiga kali mengirimkan bantuan tanggap darurat berupa makanan antara lain mie instant, susu, air bersih, kebutuhan untuk tidur seperti tenda dan juga selimut yang semuanya sudah tersalur pada 10 Oktober.

Bantuan dipusatkan di area pengungsian yang dibangun di halaman dilar Toyota. Begitu juga puluhan tenaga medis yang ditempatkan dan disiagakan di areal ini.

Selain itu, TAM juga memberikan perbaikan kendaraan untuk menjaga kelancaran mobilitas pengiriman bantuan ke berbagai lokasi pengungsian.

"Sebagai pelaku industri otomotif, kami berkewajiban untuk memastikan kendaraan-kendaraan khususnya milik pengguna Toyota agar dapat digunakan secara optimal membantu proses evakuasi," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Baca juga: Toyota konfirmasi peluncuran New Supra di Detroit

Sejalan dengan pulihnya kegiatan masyarakat di kawasan yang terkena bencana, lanjut Soerjopranoto, bantuan TAM bersama diler akan masuk ke tahap pemulihan.

Adapun detail kegiatan akan didiskusikan dengan diler setempat agar program itu tepat guna dan sesuai sasaran.

Dana yang telah disiapkan untuk bantuan logistik mencapai Rp 2,7 miliar. Selain dari TAM, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan sejumlah perusahaan dalam rantai pasok Toyota di dalam negeri juga menyiapkan bantuan.

Secara keseluruhan, dana yang digalang Group Toyota Indonesia (termasuk TAM) mencapai Rp 6,5 miliar. Selain disalurkan langsung seperti, dana bantuan tersebut juga disalurkan melalui lembaga-lembaga seperti PMI.

Sedangkan pihak Toyota Motor Corporation (TMC) melalui organisasi palang merah Jepang ikut berdonasi 10 juta yen atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk korban gempa Sulteng.

Baca juga: Komunitas Fortuner salurkan bantuan gempa Lombok secara langsung

Baca juga: Toyota, TRI-AD dan Tokio Marine & Nichido kerjasama bisnis teknologi

Baca juga: OLX ungkap Toyota Avanza mobil paling banyak dijual

Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018