Jakarta (ANTARA News)  - Honda Motor Co melakukan kerjasama dengan GAC Group dan akan menginvestasikan 3,27 miliar yuan (sekitar 469 juta dolar AS) untuk produksi kendaraan energi baru di China, GAC mengatakan dalam pengajuan bursa saham, seperti dikutip Reuters pada Rabu (30/10).

Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya Honda dan GAC untuk memenuhi kuota mobil ramah lingkungan di China yang ketat.

Perusahaan patungan Honda-GAC akan membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi 170.000 kendaraan energi baru setiap tahun, kata bagian Pengarsipan.

Kendaraan energi baru yang diproduksi termasuk semua baterai mobil listrik serta kendaraan hibrida plug-in.

Sebuah sumber yang dekat dengan perusahaan patungan itu mengatakan gambaran dari rencana tersebut adalah Honda Jepang akan memproduksi GAC's Trumpchi GS4, sebuah SUV bertenaga baterai, untuk dijual melalui gerai Honda yang dioperasikan dengan GAC.

Mobil yang diproduksi Honda kemungkinan akan dijual dengan lencana Trumpchi, kata sumber yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara tentang masalah tersebut.

Ini adalah kesepakatan yang tidak biasa tetapi dapat memberikan cara cepat memenuhi persyaratan di Beijing untuk kendaraan  yang mewakili 10 persen dari produksi produsen mobil pada tahun 2019.

Kesepakatan itu mirip dengan yang dilakukan sebelumnya antara Toyota Motor Corp dan mitra lokalnya, di mana showroom Toyota akan menjual kendaraan listrik tanpa logo triple-oval khas perusahaan Jepang tersebut. 

Sebaliknya, logo yang ditampilkan adalah label GAC selaku mitra China-nya dan dibuat menggunakan teknologi biaya rendah GAC.

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018