Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil Inggris telah mengeluarkan buletin untuk menemukan mobil pertamanya gna merayakan ulang tahun ketujuh puluh. Mobil Mark I dibangun untuk uji coba balap "off road" oleh pendiri perusahaan Colin Chapman pada tahun 1948, empat tahun sebelum perusahaan itu didirikan secara resmi, menggunakan chasis Austin 7.

Pengerjaan mobil dilakukan di garasi orang tua dari calon istrinya, Hazel, yang juga merupakan sopir pendampingnya. Pria yang kemudian jadi mahasiswa teknik itu mendesain ulang mobil dengan panel bodi aluminium untuk mengurangi bobotnya, menyetel mesin untuk lebih banyak tenaga dan menyesuaikan suspensi untuk meningkatkan penanganannya, menciptakan formula yang akan memandu upaya Lotus di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Lotus perkenalkan 3-Eleven

Mobil itu dijual pada tahun 1950 seharga £ 135, atau sekarang sekitar Rp74.340.000, dan belum pernah terlihat. Semua perusahaan tahu bahwa itu dibeli oleh seseorang di Inggris utara, tapi di sanalah jejaknya menjadi hilang.

"Mungkin Markus saya dikirim dari Inggris, dan kami ingin tahu apakah itu bertahan di negara lain," kata putra Chapman dan direktur Classic Team Lotus, Clive Chapman, dilansir Foxnews, Selasa.

Untuk pencarian mobil ini tidak ada hadiah yang ditawarkan, tetapi mobil dengan signifikansi ini tidak diragukan lagi akan bernilai sedikit di blok lelang. Jika Anda lebih suka menjual langsung, Lotus yang saat ini dimiliki oleh produsen mobil China Geely, yang memiliki nilai pasar sebesar $ 20 miliar, sehingga Anda mungkin dapat menegosiasikan harga yang cocok dengannya, Foxnews, Selasa.

Baca juga: Harga Lotus Evora 400

Baca juga: Geely bangun pabrik baru demi target penjualan 2juta mobil

Baca juga: Keuntungan meroket, Geely yakin lewati target di China

Penerjemah: Chairul Rohman
Copyright © ANTARA 2018