Jakarta (ANTARA News) - Komunitas pemilik Mitsubishi Xpander yang tergabung dalam Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) akan menggelar Jambore Nasional pada akhir bulan ini, guna menyambut pesatnya pertumbuhan anggota menyusul telah berdirinya 17 chapter dari 10 provinsi, sejak didirikan pada September 2017.

"Salah satu kegiatan akbar yang akan diadakan dalam skala nasional adalah Jambore Nasional 2018 sekaligus memperingati satu tahun usia organisasi X-MOC yang rencananya akan diadakan di kota Salatiga, Jawa Tengah pada tanggal 28-30 September 2018," kata Ketua umum X-MOC, Sonny Eka Putra, dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Jambore Nasional pertama itu akan diikuti sedikitnya 354 orang yang melibatkan 160 unit Xpander yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Lebih lanjut, Sonny mengklaim X-MOC dapat disebut sebagai salah satu organisasi yang bertumbuh cepat dengan rata-rata penambahan lebih dari 4 anggota per hari.

"Saat ulang tahun pertama 10 September 2018 baru-baru ini, X-MOC telah membentuk kepengurusan daerah di 10 provinsi yang menaungi 17 chapter di berbagai kota dan kabupaten yang beranggotakan lebih dari 1.600 pemilik Mitsubishi Xpander," kata Sonny Eka Putra.

Pertumbuhan anggota komunitas pun terlihat pada media sosial Facebook dan Instagram yang mencapai 17.000 pengguna yang dapat dikategorikan sebagai calon member yang potensial.

Sonny menjelaskan, komunitas itu awalnya berdiri pada 10 September 2017 di salah satu cafe di SCBD atas kesepakatan 14 orang pemesan unit Xpander di GIIAS tahun lalu.

Kesepakatan itu langsung dilanjutkan dengan membentuk susunan pengurus pada 8 Oktober 2017 di Alam Sutera, disertai kegiatan test drive karena sebagian besar pengurus yang terbentuk belum mendapatkan unit Xpander yang masih daftar tunggu (inden).

Klub otomotif itu dalam perjalanannya juga menggelar touring dan bakti sosial antara lain pada 3 Maret 2018 oleh Chapter Bekasi Raya, 17 Maret 2018 oleh Chapter Bogor Raya, 25 Maret dan 3 Juni 2018 oleh Jawa Tengah, 27-29 April 2018 di Chapter Bandung dan pada 30 Juni 2018 di Banyumas Raya.

Dalam perjalanan ke depan, X-MOC ingin mewadahi pemilik Mitsubishi Xpander dalam menyatukan dan menyalurkan hobi berorganisasi, sekaligus menciptakan kegiatan-kegiatan bersifat sport otomotif, sosial kemasyarakatan dan lingkungan yang bernuansa kekeluargaan.

X-MOC, kata Sonny, juga ingin memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang seluk beluk otomotif dan aspek-aspek keselamatan berkendara, menjalin kemitraan dengan principal, diler, bengkel, serta pihak sponsor.

Baca juga: Rifat Sungkar jadi anggota kehormatan komunitas Mitsubishi Xpander

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018