Jakarta (ANTARA News) - Sebuah mobil Duesenberg SSJ tahun 1935 terjual seharga 22 juta dolar AS (sekira Rp 321,8 miliar) dalam sebuah lelang di Gooding & Company pada Sabtu (25/8) waktu setempat.

Keberhasilan penjualan itu menjadikan Duesenberg sebagai mobil Amerika paling mahal yang pernah di jual di pelelangan, mengalahkan Shelby Cobra CSX 2000 yang terjual 13,75 juta dolar AS pada 2016.

Berbeda dengan Shelby Cobra yang berakar dari Inggris, Duesenberg adalah mobil yang seluruhnya Amerika. Mobil itu diproduksi selama masa-masa gelap di Duesenberg, karena pada saat itu perusahaan tengah terpuruk, ditambah kematian co-founder Duesenberg, Fred Duesenberg beberapa tahun sebelumnya.

Perusahaan pada saat itu dijalankan oleh Errett Cord. Dia memberi harapan dengan merancang dua Duesenberg khusus dan menyerahkannya ke tangan Gary Cooper dan Clark Gable, selebritas paling terkenal pada masa itu.

Baca juga: Daniel Craig lelang mobil "Bond" untuk amal

Hal itu dilakukan untuk menghasilkan publisitas yang cukup agar dapat membalikkan nasib merek Duesenberg.

Kedua mobil itu adalah "Speedsters", yang dirancang di atas platform pendek dari Duesenberg J, dengan mesin mobil paling kuat yakni 7-liter supercharged inline-8 yang menghasilkan daya sebesar 400 tenaga kuda. Hasilnya, hanya ada dua Duesenberg SSJ di dunia.

Mobil yang terjual ini memiliki nomor sasis 2594, yang pada awalnya dimiliki Cooper. Hingga kini belum jelas berapa lama dia menyimpan mobil itu, kendati terdapat sejumlah foto yang diambil di Los Angeles pada akhir 1930an, demikian Foxnews.

Baca juga: Porsche edisi langka laku dilelang Rp19 triliun
 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018