Harapan Suzuki memproduksi SUV legendaris Jimny di Indonesia

Minggu, 5 Agustus 2018 08:19 WIB
Harapan Suzuki memproduksi SUV legendaris Jimny di Indonesia
Seorang model berpose di sisi Suzuki Jimny pada pameran GIIAS 2018. (ANTARA News/Alviansyah P)
Tangerang (ANTARA News) - Suzuki Indonesia membuat kejutan dengan memperkenalkan model sport utility vehicle (SUV) legendaris, Suzuki Jimny generasi keempat, pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE-BSD-City, Tangerang, Banten.

Suzuki memastikan Jimny yang dipamerkan di GIIAS belum dijual di Indonesia, karena masih berstatus produk 'display' guna mempelajari minat masyarakat Indonesia terhadap Jimny yang pertama kali diproduksi pada 1970 dengan nama lain LJ10 itu.

Kendati demikian, Suzuki siap menjual dan memproduksi Jimny di Indonesia apabila minat masyarakat cukup tinggi. Suzuki Jimny pernah diproduksi di Indonesia pada tahun 1986 hingga 2005.

"Kami rencananya ingin sekali produksi di dalam negeri ketika sudah dijual," kata Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International Tbk, Subronto Laras, di anjungan Suzuki GIIAS 2018, ICE-BSD City, Tangerang, Banten.

Baca juga: Suzuki Jimny yang membangkitkan memori

Subronto menjelaskan Jimny generasi keempat yang dipamerkan di GIIAS 2018 merupakan tipe Sierra bermesin 1.500cc yang telah diluncurkan di Jepang pada bulan lalu.

Kendati demikian, ia belum memutuskan apakah Jimny akan memakai mesin 1.500cc seperti All New Suzuki Ertiga, jika benar-benar diproduksi di Indonesia di masa mendatang.

Lebih lanjut, Suzuki harus memikirkan harga jual yang kompetitif untuk menjual Jimny berpenggerak empat roda (4x4) karena skema pajak yang berbeda.

"Saat ini, kami masih mempertimbangkan pendapat masyarakat Indonesia melalui display ini," kata Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Seiji Itayama, di GIIAS 2018.

Baca juga: Suzuki hadirkan Jimny karena masih dicintai masyarakat Indonesia
Pengunjung pameran GIIAS 2018 mengerumuni Suzuki Jimny. (ANTARA News/Alviansyah P)


Suzuki Jimny yang hadir di GIIAS menggunakan transmisi otomatis dengan tuas 4x4 berada di dekat tongkat persneling. Sedangkan tampilan dashboard mengombinasikan unsur modern pada lingkar kemudi namun bernuansa klasik berkat panel spedometer yang berbentuk bulat.

Jimny masih menggendong ban serep di pintu belakang, namun bangku penumpang baris kedua yang menghadap ke depan bisa diturunkan untuk memuat barang.

"Di Indonesia banyak orang masih mencintai Jimny, sampai sekarang," kata Seiji Itayama.
Seorang model berpose di sisi Suzuki Jimny pada pameran GIIAS 2018. (ANTARA News/Alviansyah P)

Editor: Ida Nurcahyani

COPYRIGHT © 2018

Astra Honda Motor (AHM) menjual 1.000 unit sepeda motor pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dengan Honda Forza menjadi ...
Ban dari kendaraan kita ternyata memiliki kadarluasa, ban dikatakan kadaluarsa jika sudah mencapai umur 6 tahun sejak ban itu diproduksi. Kendaraan memang ...
Infiniti, brand otomotif di bawah Nissan, mengungkap sebuah sketsa desain dari mobil konsep bertenaga listrik, Prototype 10, yang rencananya bakal ...
Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali menggelar program "Forwot Berbagi” untuk menggalang dana bagi korban bencana gempa bumi di ...
Dongfeng Motor Company Limited (DFL) bersama Nissan berencana merilis 20 mobil listrik di bawah naungan empat mereknya pada tahun 2022. DFL merupakan salah ...