Sentul (ANTARA News) - Volvo Truck Indonesia menggelar "Driver's Challenge" guna mencari seorang pengemudi andal dalam efisiensi bahan bakar, keselamatan, dan ketrampilan berkendara untuk diberangkatkan ke final kejuaraan itu di Swedia, 13-14 September 2018.

Volvo Trucks Driver's Challenge yang digelar bersama PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) sudah menemukan delapan pengemudi dari 80 orang peserta secara nasional. Satu pengemudi terbaik akan ditentukan pada seleksi yang digelar di Sentul, Kamis (26/7).

Para pengemudi akan berkomptisi menggunakan Volvo FH, Volvo FM dan Volvo FMX di jalur on-road hingga off-road sejauh  tujuh kilometer dengan bahan bakar seminim mungkin.

Peserta juga harus melewati lima pos pemeriksaan yang harus ditempuh hanya dalam waktu 45 menit.

"Volvo Trucks Driver's Challenge menjadikan pengemudi ini sebagai fokus dan menguatkan kembali pentingnya pengemudi yang terampil dan kompeten," kata Managing Director Volvo Truck Indonesia, Jurn Terpstra, di Sentul, Jawa Barat, Selasa.

Ia menambahkan teknik mengemudi yang efisien sangat penting karena  akan berdampak langsung pada keuntungan pengendara.

Kompetisi Volvo Trucks Driver's Challenge meneruskan konsep "Fuelwatch Competition" yang digelar pabrikan asal Swedia itu pada tahun-tahun sebelumnya.

Kendati demikian, kompetisi ini tetap mengutamakan keandalan pengemudi dalam efisiensi bahan bakar, keselamatan, dan keterampilan manuver saat berkendara.

Pimpinan PT Wahana Inti Selaras, Bambang Prijono, menjelaskan bahwa seorang pengemudi yang akan diberangkatkan Volvo ke Gothenburg, Swedia, merupakan pengemudi dengan kemampuan tertinggi saat melibas jalanan off-road maupun on-road.

"Kami percaya keterampilan ini lebih praktis dan relevan dengan pekerjaan sehari-hari pengemudi," pungkas Bambang Prijono.

Baca juga: Volvo luncurkan sedan S60 pada peresmian pabrik pertama di AS

Baca juga: Komponen mesin Volvo hybrid akan disuplai perusahaan Italia

Baca juga: Daimler, Audi, Volvo adopsi teknologi kecerdasan buatan Alibaba Labs
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018