Jakarta (ANTARA News) - BMW Group Indonesia meningkatkan aktivitas produksinya di Indonesia dengan penambahan dana Rp20 miliar guna meneruskan investasi senilai lebih dari Rp270 miliar yang digelontorkan sejak 2011 hingga saat ini.

Investasi senilai lebih dari Rp20 miliar pada 2018 kepada PT Gaya Motor digunakan untuk memodernisasi jalur perakitan, termasuk instalasi peralatan dan perlengkapan mutakhir, rekrutmen tenaga kerja baru, serta transfer teknologi dari para ahli BMW Group Jerman.

"Kerja sama dengan mitra strategis seperti PT Gaya Motor, juga membuka diskusi dan transfer ilmu yang tentunya memberikan dampak positif bagi industri otomotif Indonesia," kata Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania di Sunter, Jakarta Utara, Rabu.

Saat ini BMW sudah memproduksi berbagai model di Indonesia antara lain Seri 3, Seri 5, Seri 7 dan beberapa model SUV. Jodie pun memastikan BMW Group Indonesia akan menambah model lain untuk dirakit di Tanah Air.

"Hingga akhir tahun 2018, BMW Group Indonesia akan terus menambah jenis kendaraan yang diproduksi secara lokal untuk penuhi kebutuhan konsumen yang terus bertambah dan lampaui ekspektasi pelanggan," kata dia.

Baca juga: BMW Seri 8 Coupe meluncur di Le Mans

Kesuksesan perakitan kendaraan BMW secara lokal didukung oleh PT Gaya Motor yang telah menjadi mitra strategis BMW Group sejak tahun 1994.

"PT Gaya Motor menyambut baik langkah BMW Group Indonesia untuk terus tambahkan investasinya di Indonesia. Terlebih lagi All-new BMW X3 merupakan salah satu kendaraan ikonik dari BMW dan telah dirakit selama dua generasi di BMW Production Network 2 ini," kata Presiden Direktur PT Gaya Motor Ary Mariano.

Ia mengatakan PT Gaya Motor terus bertukar informasi dengan pakar-pakar BMW dari Jerman untuk menghasilkan kendaraan premium yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Ragam pembaruan dan peningkatan teknologi perangkat produksi dilakukan di tahun antara lain, perluasan area supermarket dan sub assembly, penambahan area produksi menjadi 2 line khususnya area trimming & overhead dan memperbaharui sistem pengujian kedap air.

Berbicara mengenai kualitas kendaraan BMW yang diproduksi secara lokal di Indonesia, Ary mengatakan, tim ahli dari Jerman selalu memastikan bahwa setiap kendaraan BMW produksi lokal telah memenuhi standar tinggi laiknya dari fasilitas produksi BMW di belahan dunia lain.

"Pabrik Gaya Motor juga secara konsisten telah memenuhi ekspektasi BMW, terbukti dari meningkatnya jumlah model kendaraan BMW Group Indonesia yang dipercayakan kepada kami," tutup Ary.

Baca juga: SUV mewah terus berkembang meski sedan premium masih mendominasi

Baca juga: BMW X3 generasi ketiga hadir di Indonesia, ramaikan persaingan medium SUV
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018